Perampokan dengan modus kempes ban. (ist)

Dana BOS Rp 111 Juta, Raib Digasak Penjahat

BEKASI (IndependensI.com)- Perampokan dengan modus gembos ban kendaraan, tetap terjadi di Kota Bekasi. Kali ini, dua guru SDN Harapan Baru III menjadi korban kejahatan. Akibatnya, uang dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang baru saja diambil kedua guru dari bank, raib dibawa kabur.

Kepala Subbagian Humas Kepolisian Resor Metro Bekasi Kota Komisaris Erna Ruswing Andari menyebutkan, kedua guru berinisil R dan E, baru pulang mencairkan dan BOS dari Bank Jabar Banten, Senin (18/3/2019). Dalam perjalanan, sekitar Jalan M Tabrani, kedua guru yang mengendarai mobil itu diberitahu bahwa salah satu bannya kempes.

“Diberitahu begitu, keduanya turun untuk mengecek kondisi ban yang sebenarnya tidak kempes. Saat itulah, pelakunya memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membawa kabur uang yang disimpan di bagian belakang mobil. Kejadian berlangsung sekitar pukul 11.00,” kata Erna, Selasa (19/3/2019).

Kedua gurumelaporkan kejadian yang baru dialaminya ke Polsek Bekasi Utara. Selain dana BOS sebesar Rp 111 juta, ada juga uang pribadi korban yang turut hilang sebesar Rp 2 juta.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah mengatakan, dana BOS yang raib itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk operasional bulan Februari-Maret 2019.

“Uangnya akan diganti sesuai Tuntutan Perbendaharaan dan Ganti Rugi, ada di peraturannya. Nanti kepala sekolah membuat pernyataan pembayaran, bertahap atau tidak. Uang dimasukan lagi ke rekening kas sekolah atau untuk operasional sesuai yang diberikan dari pusat,” katanya. (jonder sihotang)