Ditjen Perhubungan Darat menyiapkan tiga unit kapal Roro untuk mengangkut 6.000 pemudik dan 2000 motor

Ditjen Hubdat Siapkan Tiga Kapal Untuk Angkut 6.000 Pemudik Gratis

JAKARTA (Independensi.com) – Selain menyelenggarakan program mudik gratis sepeda motor dengan angkutan truk dan bus, Ditjen Perhubungan Darat juga melakukan program mudik gratis sepeda motor dengan kapal penyeberangan.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi pada saat menjelaskan persiapan mudik lebaran sepeda motor di Jakarta Selasa (18/3) mengatakan, untuk tahun 2019 ini pihaknya akan menyiapkan tiga kapal roro, masing-masing memiliki bobot 5000 GT.

Rute yang akan dilayani oleh kapal penyeberangan adalah Tanjung Priok-Bakauheni pp, Tanjung Priok-Semarang pp dan Tanjung Priok-Surabaya pp. Masing-masing kapal akan mampu menampung 2000 orang penumpang dan 1000 motor.

“Kita akan siapkan tiga kapal. Tahun 2019 ini kami menyiapkan kuota 6000 penumpang dan 3000 sepeda motor yang akan diangkut dengan kapal roro,” jelas Budi.

Minat pemudik dengan menggunakan kapal roro cukup tinggi. Realisasi jumlah penumpang yang diangkut dengan kapal sebanyak 4.524 orang atau 75% dari kapasitaa tersedia sedangkan jumlah motor yang diangkut sebanyak 2.077 sepeda motor atau 69% dari kapasitas tersedia.

Budi menambahkan, untuk menarik minat masyarakat maka pemerintah akan melakukan sosialisasi secara intensif. Karena tidak semua masyarakat familier dengan internet, selain membuka pendaftaran dengan cara online, juga dibuka pendftaran dengan cara manual. (hpr)