Ekonomi Daerah Lesu Akibat Harga Tiket Pesawat Mahal

JAKARTA (IndependensI.com)  – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menyebut mahalnya harga tiket pesawat di Indonesia berdampak besar terhadap perekonomian di daerah.

Anggota Hipmi Ajib Hamdani mengatakan perekonomian daerah akan terdampak karena penumpang akan mengalami penurunan. “Impact bukan hanya di kita (di pusat) tapi di daerah,” ujar Ajib di Jakarta, Kamis (4/4/2019).

Ajib mencontohkan, salah satu dampak tingginya harga tiket pesawat bagi perekonomian daerah adalah tingkap okupansi kamar hotel, serta kegiatan jual beli di rumah makan. “Ketika saya jarang datang ke daerah ini yang impact-nya daerah lho tingkat hunian hotelnya merekanya restoran dan cafenya dia membawa multiplayer efek,” kata Ajib.

Ketua Hipmi Tax Center ini juga mengungkapkan bahwa aturan baru mengenai batasan harga tiket pesawat tidak ideal. Pasalnya, Kementerian Perhubungan hanya menaikkan harga batas bawah.

“Jadi sekali lagi Hipmi mendukung bagaimana tiket lebih diatur sehingga ekonomi cost masyarakat bisa ditekan dengan baik, maka kesejahteraan itu akan balik ke kita semua jadi itu pandangan hipmi secara umum,” ujarnya. (dny)