TKN Mengaku Banyak Terima Kabar WNI Kesulitan Menggunakan Hak Pilih

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf Amin mengaku banyak menerima ratusan keluhan Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang kesulitan menggunakan hak pilih mereka.

“Semua kejadian yang di luar negeri, kan hari ini pemungutan suara serentak di luar negeri kan,” kata Direktur Hukum dan Advokasi TKN KIK Ade Irfan Pulungan di Jakarta, Minggu (14/4/2019).

Ade mengatakan, salah satu negara yang banyak melaporkan keluhan adalah Australia, khususnya di Sydney. Dia mengtakan, sejumlah WNI di wilayah tersebut tidak mendapat kesempatan untuk menggunakan hak pilih mereka karena TPS sudah tutup.

Dia melanjutkan, keluhan diterima di beberapa titik di seluruh Australia. Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengatakan, saat ini TKN masih beerupaya menampung serta mengidentifikasi seluruh keluhan yang diajukan WNI di luar negeri.

Ade menambahkan, keluhan serupa juga diterima dari beberapa negara lain semisal Jerman dan Selandia baru. “Nah, kami masih mengidentifikasi menunggu laporan semua dari semua kejadian yang ada di luar negeri,” katanya.

Ade mengatakan, TKN meminta WNI yang membuat laporan untuk menyampaikan pengaduan secara tertulis dan menyampaikan tentang kronologis peristiwanya. Dia mengaku selama ini keluhan diterima melalui kontak pribadi menyusul nomor ponsel miliknya yang telah tersebar.

“Tempatnya di mana, jamnya berapa, itu siapa pengakuannya biar jelas dari situ kami akan mengidentifikasi menyusun laporanya terus menyampaikan ke Bawaslu atau ke KPU juga tentang masalah ini semua,” katanya. Laporan rencananya akan disampaikan ke Bawaslu pada Senin (15/4) besok.