Ketum Bamusi : Pak Taufiq Kiemas Tokoh Yang Jembatani Beragam Kelompok

Loading

Jakarta- DPP PDI Perjuangan dan Pengurus Pusat Baitul Muslimin Indonesia (PP Bamusi) menggelar ziarah kubur dalam rangka Mengenang 10 Tahun Wafatnya Ketua MPR-RI 2009-2013 Dr.H.M. Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (8/6/2023).

Ketua Umum PP Bamusi, Hamka Haq menyatakan, mantan Ketua MPR Taufiq Kiemas adalah figur yang mampu menjadi ‘jembatan’ bagi berbagai kelompok masyarakat di negeri ini.

“Beliau (Taufiq Kiemas) menjadi ‘jembatan’ antara kaum nasionalis dan militer,” ungkap Hamka.

Taufiq Kiemas, sambung Hamka, juga adalah seorang tokoh yang mampu menjembatani kelompok moderat dan radikal.

Hamka mencontohkan ketika Taufiq mengunjungi dan berdiskusi dengan Abu Bakar Baasyir di kompleks Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki Sukoharjo. Hal itu membuktikan bahwa Taufiq adalah tokoh yang merangkul semua kalangan.

“Pak Taufiq juga adalah tokoh yang mampu menjembatani partai nasionalis dengan partai Islam. Saya pikir, belum ada tokoh yang sebanding dengan beliau,” ungkapnya.

Selain Hamka, kegiatan Mengenang 10 Tahun Wafatnya Bapak HM. Taufiq Kiemas ini dihadiri oleh Sekretaris Umum PP Bamusi Nasyirul Falah Amru (Gus Falah), Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, serta Ketua Bidang Dakwah PP Bamusi, KH. Nukman Bashori.