Indef : Aksi 22 Mei Membuat Persepsi Investor Menurun

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Aksi massa 22 Mei usai pengumuman hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, diwarnai dengan sejumlah kericuhan hingga memakan korban. Tensi politik yang tengah memanas ini pun turut memberikan dampak terhadap iklim investasi di Indonesia.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira, mengatakan risiko politik membuat persepsi investor menurun. “Indikator jangka pendeknya terlihat dari kurs rupiah yang mengalami pelemahan dan IHSG yang terkoreksi sesi pembukaan hari ini,” ujarnya, Rabu (22/5/2019).

Bhima memperkirakan rupiah bergerak melemah ke range Rp 14.500-14.580 per dolar AS. Sedangkan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) menurun tipis di level 5.900-5.930.

Menurut Bhima, adanya gejolak politik yang memanas paska pilpres juga berpengaruh terhadap outlook ekonomi sepanjang 2019. Investor khususnya asing masih melakukan posisi hold atau menahan realisasi investasi langsung.

Sementara itu, Bhima memperkirakan tren FDI masih akan menurun tahun ini setelah di triwulan pertama 2019 hampir minus 1 persen. Imbas dari rendahnya investasi membuat pertumbuhan ekonomi mengalami perlambatan dibawah 5 persen.

Bhima menegaskan, ini kondisi yang harus diwaspadai. Menurutnya, investasi dan ekspor adalah motor penggerak utama yang diharapkan untuk pertumbuhan ekonomi selain konsumsi rumah tangga. (dny)