Dirut PT JLJ Ricky Distawardhana meminpin apel kesiapan arus mudik Lebaran. (foto:jonder sihotang)

Contra Flow di Tol JORR Atasi Penumpukan Kendaraan

BEKASI (IndependensI.com)- Menghadapi lonjakan atau peningkatan volume kendaraan di ruas Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ)/Jakarta Outer Ring Road (JORR), pengelola jalan bebas hambatan tersebut akan memberlakukan contra flow. Sistem ini baru diberlakukan menghadapi arus mudik Lebaran 2019, dan berdasarkan kajian serta pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

Contra Flow tersebut, untuk mengurai kedaraan yang akan menuju Jalan Tol Jakarta-Cikampek, khususnya mengatasi penumpukan kendaraan di Simpang Susun Cikunir. Namun penerapan contra flow itu, dilakukan melihat kondisi di lapangan jika terjadi antrian panjang, ungkap Direktur Utama  PT JLJ Ricky Distawardhana, Kamis (23/5/2019).

Selain penerapan Contra Flow, PT JLJ juga menggunakan mobile reader untuk menjemput pengguna jalan to di gerbang-gerbang tol untuk mengurangi antrian.  Maka, dalam pelaksanaan contra flow tersebut, dibuat tim khusus mengingat Jalan Tol JORR terintegrasi dengan beberapa jalan tol menuju Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Tim khsus ini juga bertugas memberikan layanan informasi  situasi kepadatan jalan tol, sehingga pengguna jalan bebas hambatan  dapat mengambil pilihan rute lainnya yang lebih lancar.

Terhadap pengguna jalan tol, Ricky mengimbau  agar mengecek terlebih dahulu kesiapan kendaraan, dan memastikan kondisi pengemudi dalam keadaan prima.  Sebab faktor kendaraan yang tidak memadai dan pengemudi yang kelahan  menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. (jonder sihotang)