Hemat Listrik Selama Lebaran, PLN Matikan 20 Pembangkit di Jawa dan Bali

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) bakal memadamkan 20 pembangkit listrik yang tersebar di Jawa dan Bali. Hal ini dilakukan untuk mengefisiensikan pembangkit listrik yang beroperasi selama lebaran tahun ini.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN Amir Rosidin mengatakan, kapasitas keseluruhan dari 20 pembangkit listrik tersebut sekitar 10.000 MW.“Percuma kita nyalakan, tapi tidak ada beban. Jadi kami berhentikan karena bebannya rendah, jadi efisiensi operasional juga,” ujarnya di PLN P2B Gandul, Cinere, Jakarta Selatan, Kamis (23/5/2019).

Amir menyebut pembangkit listrik tenaga gas hingga uap menjadi jenis yang paling banyak dipadamkan.”Banyaknya seperti pembangkit listrik, gas, lalu ada PLTU juga ya. Sebanyak 20 (pembangkit listrik) itu Jawa Bali saja, daerah lain tidak menghitung,” ungkapnya.

Menurutnya selama pembangkit listrik dipadamkan maka petugas yang berada di sekitarnya akan melakukan inspeksi untuk mengecek dan melakukan tindakan pemeliharaan terhadap pembangkit listrik.

“Kami memberikan kesempatan untuk pengelola pembangkit melakukan simple inspection. Mereka bisa lakukan pemeliharaan dan pengecekan pembangkitnya,” ucapnya. (dan)