Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani  Jamin THR Gaji ke 13 Tak Ganggu APBN

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan arus kas anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun 2019 masih baik. Meskipun terdapat pencairan tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 pada bulan berikutnya.

Sri Mulyani mengatakan, bagusnya arus kas atau casflow APBN karena pemerintah telah memperhitungkannya. “Masih bagus. Kita lihat okelah. Kita masih bisa mengelola. Kan kita dah liat dari ALM (asset liability management) beberapa bulan ke depan,” kata Sri Mulyani di Komplek Istana, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Bahkan, pemerintah juga tidak akan menerbitkan utang guna memenuhi kebutuhan dana THR dan gaji ke-13. Diketahui, bahwa pembayaran gaji ke-13 untuk PNS berlangsung pada masa ajaran baru sekolah atau pada bulan Juli. “Masih tetap dalam schedule semuanya sesuai jadwal,” ujar dia.

Dapat diketahui, pemerintah telah mencairkan THR sebesar Rp 19 triliun hingga tanggal 24 Mei 2019. Angka tersebut sudah 95% dari total kebutuhan yang diproyeksikan Rp 20 triliun. Sri Mulyani didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro hari ini merapat ke istana negara.

Adapun, kehadirannya di Komplek Istana dalam rangka membahas perkembangan ekonomi terkini bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Kondisi ekonomi terkini,” tuturnya. (dan)