Peserta takbir keliling dan pawai obor yang keliling kampung sambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H

Warga Desa Randobawa Ilir Takbir Keliling dan Pawai Obor Sambut Lebaran 1 Syawal

Loading

Kuningan (Independensi.com)
Seperti biasa menyambut Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 1 Syawal yang tahun ini jatuh pada Rabu 5 Juli 2019, umat Islam di seluruh Indonesia yang baru selesai menjalani ibadah puasa merayakannya dengan melakukan takbir, baik di masjid-masjid maupun di mushola-mushola atau langgar.

Selain itu ada juga di sejumlah kota dan daerah yang warganya mempunyai tradisi melakukan takbir keliling disertai pawai obor dengan cara berjalan kaki keliling kampung di desa tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan warga masyarakat Desa Randobawa Ilir, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada Selasa (4/6/2019) malam.

Sejak selesai Magrib menjelang sholat Isya sejumlah peserta takbir keliling dan pawai obor yang sebagian besar dari kalangan anak-anak dan remaja, termasuk dari Ikatan Remaja Masjid Nurul Iman, Desa Randobawa Ilir sudah berkumpul di halaman Masjid.

Orangtua para peserta takbir keliling dan pawai obor ikut mengawal dengan sepeda motor masing-masing

Tepat pukul 20.00 WIB para peserta kemudian dilepas Sekretaris Desa Randobawa Ilir Yoyo Suharyo. Sedangkan para orang-tuanya mengikuti dari belakang dengan mengendarai sepeda motor masing-masing. Sebuah mobil ambulance milik Pemerintah Desa pun ikut mengawal dibelakang para peserta berkeliling.

“Ini untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan dari peserta yang kebanyakan anak-anak dan remaja,” kata Sekdes Yoyo kepada Independensi.com sebelum melepas para peserta untuk melaksanakan takbir keliling dan pawai obor.

Dia menyebutkan kegiatan takbir keliling dan pawai obor baru lima tahun belakangan dilaksanakan saat Kepala Desa dijabat Toto Suharto. Adapun para peserta keliling kampung sekitar dua kilometer melewati lima dusun.

Ke lima dusun yang dilewati yaitu paing, pon, wage, kliwon dan manis. “Setelah itu kembali lagi ke halaman masjid,” tutur Yoyo.

Dikatakannya kegiatan takbir keliling dan pawai obor menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah yang dikoordinir Ikatan Remaja Masjid Nurul Iman Desa Randobawa Ilir ini didukung penuh masyarakat.

“Terutama para orang-tua yang anak-anaknya menjadi peserta takbir keliling dan pawai obor,” kata Yoyo. Adapun para peserta sendiri nampak begitu gembira dan tidak merasa lelah mengikuti kegiatan. Bahkan ada peserta yang membawa drum band untuk memeriahkan takbir keliling dan pawai obor tersebut. (MUJ)