P OTP pada saat arus balik harus sama baiknya denhan OTP saat mudik

Dirjen Udara Minta OTP Saat Arus Balik Juga Meningkat

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Pelaksanaan mudik lebaran 2019 dengan menggunakan transportasi udara berjalan lancar. Saatnya stakeholder perhubungan udara menyiapkan diri menghadapi arus balik.

Selaku regulator penerbangan, Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti meminta stakeholder dan masyarakat untuk tetap mempertahankan keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan seperti pada periode mudik lebaran.

Terutama ketepatan waktu penerbangan periode mudik lebaran yang meningkat dari tahun lalu.

Dalam periode mudik kemarin, perjalanan dengan transportasi udara berjalan dengan lancar. Ketepatan Waktu Penerbangan (On Time Performance) pada 36 bandara yang di pantau, untuk rute dalam negeri dilaporkan sampai dengan tanggal 06 Juni (arus mudik) rata-rata sebesar 84,82%.

“Untuk periode balik yang dimulai hari ini, kami mengajak stakeholder dan masyarakat  mempertahankan dan menjaga kondisi tersebut untuk kepentingan bersama,” ujar Polana.

Dari perkiraan awal, puncak balik lebaran dengan pesawat diprediksi pada Minggu-Senin pagi (9-10/ 6/ 2019). Moda transportasi udara yang bersifat cepat membuat masyarakat bisa melakukan perjalanan mendekati hari kerja yaitu hari Senin.

“Pada puncak arus balik, akan ada lonjakan penumpang. Para stakeholder jangan sampai lengah dan harus tetap menjalankan tugasnya sesuai standar dan prosedur operasi (SOP) yang sudah ditetapkan. Tidak ada kompromi untuk keselamatan dan keamanan,” lanjut Polana.

Kepada masyarakat, Polana mengharapkan juga ikut berpartisipasi menjaga keselamatan, keamanan dan kenyamanan pelayanan penerbangan tersebut.

“Masyarakat bisa memanfaatkan posko angkutan lebaran yang ada di tiap bandara jika membutuhkan pertolongan. Posko tersebut terhubung dengan posko pusat di Jakarta. Dan kami juga selalu memantau situasi di lapangan. Jadi masyarakat jangan ragu untuk melapor ke posko jika memerlukan bantuan,” pungkas Polana. (hpr)