Rini Berharap Garuda Mampu Memberikan Harga Tiket yang Lebih Baik

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, pihaknya akan terus memantau harga tiket PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Dirinya berharap maskapai plat merah ini mampu memberikan harga tiket yang lebih baik lagi kedepannya.

“Garuda terus kita review insyaallah ke depan kita makin bisa lebih baik harusnya coba berikan harga yang lebih baik. Jadi memang ada daerah-daerah yang mungkin harus kita pikirkan untuk bagaimana kita bisa berikan tiket yang lebih baik,” katanya, usai acara halal bihalal di Kementerian BUMN Jakarta, Senin (10/6/2019).

Pada kesempatan terpisah, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut harga tiket sebagai faktor turunnya jumlah penumpang angkutan udara saat mudik. Kondisi ini berbanding terbalik dengan angkutan umum lain seperti kereta, bus dan kapal.

Sebutnya, penumpang kereta api naik 9,4-9,5%, bus naik 10-15%, kapal naik 10-15%. Sementara, penumpang pesawat turun 15%. Budi Karya mengatakan, turunnya jumlah penumpang karena banyak maskapai tak mengoperasikan pesawat. Penurunan ini terjadi juga karena disebabkan harga tiket pesawat.

“Penyebabnya pengurangan jumlah pesawat, kalau aja jumlah pesawat ditambah tidak sebanyak itu. Saya dengar ada pesawat tidak dioperasikan, selain pesawat MAX itu tidak dioperasikan, karena banyak yang tidak dapat tiket. Tentunya juga karena harga (tiket),” jelasnya. (dny)