Runah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi di Jalan Pramuka Bekasi Selatan. (ist)

Pemkot Bekasi Segera Operasikan Rumah Sakit Tipe D

BEKASI (IndependensI.com)- Guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) segera mengoperasikan  tiga unit baru rumah sakit tipe D. Pengoperasiannya direncanakan    tahun 2019.

Ketiga rumah sakit ini berlokasi di wilayah Kecamatan Jatisampurna, Pondokgede dan Bantargebang. Berbagai persiapan pun dilakukan pihak Dinas Kesehatan  Kota Bekasi untuk memenuhi segala keperluan yang dibutuhkan.

Penjelasan itu disampaikan  Sekretaris Dinkes Kota Bekasi, Sumpono Brama, Kamis (11/7/2019).  Disebutkan, pihaknya sudah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang akan ditempatkan di tiga rumah sakit tipe D tersebut.

“Untik gedungnya sudah terbangun, dan saat sedang menyiapkan SDM yang akan bertugas di tiga rumah sakit tipe D ini agar segera dapat beroperasi,” ujarnya.

Bram memaparkan SDM yang ditempatkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis dan administrasi.

Disebutkan, di setiap rumah sakit tipe D akan ditempatkan masing-masing 125 orang untuk tenaga medis dan tenaga administras. Penempatan pegawai ini sudah dilaksanakan untuk Rumah Sakit Tipe D Jatisampurna, sedangkan untuk dua rumah sakit tipe D lainnya sudah kami buat draft penempatannya, ujarnya.

Ia menyebutkan pemenuhan SDM untuk tiga rumah sakit tipe D ini diambil dari SDM yang ada di Puskesmas-Puskesmas yang ada di Kota Bekasi. Sementara untuk tenaga dokter spesialis akan direkrut dari RSUD Kota Bekasi.

Sedang  perawat, bidan, dan dokter, direkrut dari Puskesmas yang memiliki kelebihan SDM. Begitu juga untuk tenaga administrasinya akan kami rekrut dari Puskesmas-Puskesmas.

Dengan persiapan yang sudah dilakukan Dinas Kesehatan Kota Bekasi ini, Bram optimistis tiga rumah sakit tipe D siap untuk beroperasi tahun ini.

Yang penting diantaranya pengadaan alat kesehatan (Alkes) dan sarana meubeleir. Tiga rumah sakit tipe D ini nantinya mampu menjawab kebutuhan pelayanan kesehatan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Bekasi.

Sebagaimana diketahui, Pemkot Bekasi sudah memikiki sebuah Tumah Sakit Umum Daerah, dan mempunyai lebih 1.500 tempat tidur, dan telah memiliki tenaga-tenaga dokter spesialis. (jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *