Panglima TNI Marsekal Marsekal Hadi Tjahjanto saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan PAUD Percontohan di Kota Bekasi. (humas)

Panglima TNI Lakukan Peletakan Batu Pertama  Pembangunan PAUD Percontohan

Loading

BEKASI (IndependensI.com)-  Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Wakil Wali Kota BekasibTri Adhianto melakukan  peletakan batu pertama pembangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), di Kota Bekasi, kemarin

PAUD tersebut sebagai percontohan yang dikeloa Yayasan Tunas Muda Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT),  bertempat di Komplek Kemhan/Mabes TNI Rusunawa Mabes TNI Kelurahan  Jatimakmur, Kecamatan Pondokgde, Kota Bekasi

Hadir saat itu Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanik Istumawati, dan sejumlah pejabat lainnya diantaranya Danrem 051/WKT Kolonel Infantri Susilo, Dandim 05/07 Kota Bekasi Letkol Arm Abdi Wirawan.

Sebagaimana diketahui, PAUD sebagai  jenjang pendidikan sebelum pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun.

Selama PAUD  kepada anak diberikan  rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, tugas dari orang tua mendidik anak-anak yang lahir dimulai sejak dini, mulai umur 0 sampai 5 tahun dalam PAUD. Setiap bayi yang lahir di dunia ini adalah emas, selanjutnya bagaimana caranya mempertahankan bayi itu sampai dewasa tetap emas, perak maupun perunggu tergantung orang tuanya, ujarnya.

Dijelaskan  tentang permasalahan yang akan di hadapi untuk memasuki revolusi industri 4.0.
“Pada revolusi industri 4.0 permasalahan yang dihadapi tidak lagi bicara siapa yang besar atau kuat dan yang kecil kalah, akan tetapi siapa yang cepat dialah yang menang. Untuk menguasai teknologi informasi 4.0 diperlukan sumber daya manusia yang hebat, ” ujar Panglima.

Disampaikan juga prediksi Pricewaterhouse Coopers (PwC), lembaga konsultasi ekonomi internasional bahwa tahun 2045 Indonesia akan masuk negara keempat terbesar ekonominya di dunia. Maka perlu penyediaan sumber daya manusia yang handal.

Sementara itu Wakil Wali Kota Bekasi Tri mengemukakan bahwa pembangunan sarana PAUD itu  merupakan suatu bentuk sinergitas antara TNI dan Pemerintah Kota Bekasi dalam konteks pendidikan, pendidikan anak yang dimulai dari usia dini merupakan bentuk kepedulian kita pada pembentukan karakteristik anak yang dilakukan sedini mungkin.

Diharapkan dengan adanya pembangunan sarana pendidikan anak usia dini yang akan menjadi percontohan ini bisa meningkakatkan kualitas pendidikan di Kota Bekasi. (jonder sihotang)