Tour de Siak 2019 dihentikan karena faktor asap kebakaran lahan dan hutan

Asap Makin Tebal, Tour de Siak Etape III Dihentikan

PEKANBARU (Independensi.com) – Penyelenggaraan balap sepeda internasional Tour de Siak tahun 2019 etape ke-III Sabtu, (21/9/2019) terpaksa dihentikan panitia secara paksa. Hal itu disebabkan asap akibat kebakaran lahan dan hutan (karlahut) di lokasi yang di lintasi peserta lomba balap sepeda, semakin tebal. Pada pelaksanaan Tour de Siak etape I dan II, lokasi yang dilintasi memang terkena kabut asap, tapi masih bisa terlaksana, sedangkan hari ini asapnya semakin tebal.

Pada etape III Tour de Siak perlombaan yang sudah diselenggarakan pada kilometer ke-20, panitia terpaksa harus menghentikan perlombaan secara paksa. Hal itu dikarenakan kabut asap karlahut kian tebal dan di-khawatirkan akan mempengaruhi kondisi kesehatan para pembalap. Awalnya seorang peserta pebalap mengeluhkan matanya perih karena sakit dan minta obat tetes mata. Melihat kondisi tersebut, perlombaan yang sudah memasuki kilometer ke-20 itu dengan terpaksa kita hentikan, kata Sondi Sampurno Ketua Panitia Lomba Tour de Siak 2019.

Menurut Sondi, saat itu peserta lomba balap sepeda sudah menempuh 20 kilometer, namun asap semakin tebal. Untuk menjaga kondisi kesehatan para pembalap, maka dengan terpaksa perlombaan etape III hari ini dihentikan. Apabila pada etape IV pada hari Minggu (22/9/2019) besok kabut asap juga masih tebal, berkemungkinan panitia juga akan membatalkan. ” Seyogianya etape III akan menempuh Siak-Dayun-Buatan-Siak (2 lap) sepanjang 160 kilometer. Namun pembalap baru berada di kilometer 20, penyelenggaraan terpaksa kita tiadakan,” kata Sondi Sampurno.

Sementara Basriansyah sekretaris panitia pelaksana lomba Tour de Siak 2019 kepada Independensi.com melalui telepon seluler menjelaskan bahwa, pelaksanaan Tour de Siak 2019 etape I digelar pada hari kamis (19/9/2019) Siak – Mempura – Dayun – Siak sepanjang 59,1 km. Keluar sebagai juara antara lain Nur Amirul Fachruddin Marzuki dari Malaysia tim Trengganu Cycling disusul James Mendoza pembalap dari Tim Nex dari Singapore dan juara ketiga ditempati Abdul Gani dari Indonesia.

Sementara pada etape II hari Jumat (20/9/2019) peserta lomba menempuh Siak – Bungaraya – Sei Apit – Siak, awalnya sepanjang 114 km jadi di perpendek menjadi 84 km. Pada etape II keluar sebagai juara Reno Yudha Sansaka dari tim Indonesia dengan catatan waktu 1:51:31 detik. Juara kedua ditempati pembalap Singapore atas nama James Mendoza dan juara ketiga diraih pembalap Indonesia dari tim KFC Cycling atas nama Abdul Gani serta posisi ke-empat ditempati pembalap sepeda dari negara tetangga Malaysia dari tim Trengganu Cycling atas nama Muhammad Harrif Saleh. (Maurit Simanungkalit)