Jaksa Agung ST Burhanuddin (topi hitam) saat menjawab sejumlah pertanyaan wartawan di Kejagung, Jakarta

Jaksa Agung ST Burhanuddin Janji Tindak Tegas Adik atau Kakaknya Jika Korupsi

Jakarta (Independensi.com)
Jaksa Agung ST Burhanuddin
kembali berjanji akan bersikap profesional dalam penegakan hukum. Dia bahkan tidak segan-segan menindak tegas jika ada saudara-saudaranya melakukan korupsi.

“Bagi saya, kalau adik saya atau kakak saya korupsi, tak gebukin (akan ditindak–Red),” tegas Burhanuddin kepada wartawan usai melepas peserta “Kegiatan Gowes Jaksa  Menyapa Bersama Jaksa Agung” di Kejaksaan Agung, Jakarta, Minggu (27/10/2019).

Oleh karena itu, tuturnya, meski punya hubungan darah dengan pengurus PDIP yaitu TB Hasanuddin, tidak akan mempengaruhi dirinya dalam pelaksanaan tugas pokoknya sebagai Jaksa Agung.

“Jika saya katakan Hasanuddin bukan kakak saya, itu dosa. Tapi iya memang (kakaknya–Red). Tetapi saya profesional,” kata mantan Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara ini.

Dia bahkan mengaku tidak tahu sama sekali kantor PDIP. “Apalagi manusianya. Jadi dalam tugas pokok saya nggak ada hubungannya.”

Burhanuddin pun berjanji akan segera membenahi internal kejaksaan guna meningkatkan kinerja lembaganya. Namun dia mengakui hal tersebut tidak bisa dilakukan jika dalam kondisi pincang.

“Kan begini, kita kan mau lari dengan SDM yang pincang tentunya tidak bisa. Karena itu dalam beberapa hari ini kita benahi dulu teman-teman di kejaksaan dan baru kita lari kencang,” ucap Burhanuddin.

Seperti diketahui sampai saat ini di lingkungan kejaksaan ada tiga jabatan eselon I yaitu Jaksa Agung Muda (JAM)  yang kosong dan tidak segera diisi sepeninggal pejabat lama pensiun.

Ketiganya yaitu Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (JAM Pidum), Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (JAM Datun) dan Jaksa Agung Muda Pembinaan (JAM Bin)

Untuk mengisi kekosongan  ketiga jabatan JAM tersebut telah ditunjuk Sekretaris JAM sebagai pelaksana tugas atau Plt.

Ketiganya yaitu Sekretaris JAM Pidum Ali Mukartono sebagai Plt JAM Pidum dan Sekretaris JAM Datun Tarmizi sebagai Plt JAM Datun.

Sementara untuk JAM Bin yang ditunjuk Plt justru bukan Sekretaris JAM Bin Sadiman. Tapi malah Sekretaris JAM Pidsus Bambang Sugeng Rukmono selaku Plt JAM Bin. (MUJ)