Para pemimpin negara-negara ASEAN menandatangani kerjasama dengn FIFA dalam KTT ke-35 ASEAN, di Impact Forum Bangkok Thailand, Sabtu (2/11) sore. (Foto: Rahmat/Humas)

Indonesia Jamin Piala Dunia U-20 Sukses dan Lancar

JAKARTA (Independensi.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memposting pertemuannya dengan Presiden International Federation of Football Association (FIFA) Gianni Infantino, di Hotel Grand Hyatt Erawan, Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11) siang, ke dalam akun media sosialnya semalam.

“Kepada Presiden FIFA saya menyampaikan terima kasih atas penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2021,” tulis Presiden Jokowi dalam fan page facebooknya.

Menurut Presiden, Indonesia akan bekerja keras menjamin Piala Dunia U-20 berlangsung sukses dan lancar. Apalagi, lanjut Presiden, kita telah memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan Asian Games dan Asian Para Games 2018. Untuk perhelatan sepakbola dunia itu, menurut Presiden Jokowi, Indonesia tengah mempersiapkan 10 stadion yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, dan Bali sebagai lokasi pertandingan.

“Sebagai tuan rumah, Indonesia menyambut baik jika Tim Pendahulu FIFA datang untuk berkoordinasi dengan PSSI,” tulis Presiden.

Kerjasama Erat Sebelumnya Gianni Infantino mengaku senang dengan keputusan organisasi yang dipimpinnya, yang minggu lalu telah mengeluarkan rekomendasi kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Sepakbola U-20 (di bawah usia 20 tahun) pada tahun 2021 mendatang.

“Bagi negara besar seperti negara Indonesia yang sangat tergila-gila dengan sepakbola ini sangat penting untuk mengadakan acara besar untuk Indonesia dan untuk seluruh wilayah Asia,” kata Gianni kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Hotel Grand Hyatt Erawan, Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11) sore.

Mengenai pertemuannya dengan Presiden Jokowi yang didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Presiden FIFA itu mengaku membahas tentang penyelenggaraan acara Piala Dunia Sepakbola U-20.

Ia mengingatkan, bahwa Piala Dunia ini bukan hanya acara, melainkan bagian dari program untuk mengembangkan sepak bola di seluruh negeri, dimana Indonesia memiliki lebih dari 1600 klub sepak bola. “Presiden mengatakan kepada saya bahwa dia sangat berterima kasih tentang itu,” ungkap Gianni.

Sementara Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya kepada wartawan di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11) malam mengemukakan, dalam pertemuan Presiden RI dan Presiden FIFA itu telah ditandatangani 4 (empat) kerjasaman yang akan dilakukan antara ASEAN dengan FIFA. Pertama, promotion of sport integrity. Kedua, sport for development. ketiga FIFA football for school program. Dan keempat, professional capacity building.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *