Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat meresmikan Wisata Industri. (humas)

Kawasan Industri Terbesar Asia Tanggara: Wisata  Industri Hadir di  Kabupaten Bekasi

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, merupakan kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Di beberapa kawasan dan zona industri terdapat ribuan perusahaan. Ada Perusahaan Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

Jutaan bahkan puluhan juta jiwa karyawan, bekerja di ribuan industri tersebut.  Maka, tidak heran, jika di kawasan tersebut, terdapat pelabuhan dry port atau pelabuhan daratan  (Cikarang Dry Port/CDP) berlokasi di Kawasan Jababeka.

Terkait hal itu, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan melaunching program Wisata Industri yang berlangsung di Gedung Graha Pariwisata,  Senin (29/05/2023). Tujuan diluncurkannya wisata industri untuk menghidupkan sektor pariwisata industri di Kabupaten Bekasi dan edukasi para pelajar.

Dani Ramdan menjelaskan, dengan mengikuti wisata industri, para pelajar mahasiswa dan masyarakat umum bisa melihat bagaimana etos kerja perusahaan industri dan menghasilkan sebuah prodak yang berkualitas tinggi disiplin sebagi sebuah pembelajaran.

“Program terdekat kita sudah atur kunjungan sampai akhir tahun ini, akan ada kunjungan para pelajar dari berbagai sekolah untuk mendukung program Dinas Pendidikan Outing Class (belajar diluar kelas),” katanya.

Disampaikan, sudah ada tujuh perusahaan yang siap bekerjasama mendukung program wisata industri dan terus akan ditingkatkan sampai 20 perusahaan. Perusahaan tersebut di antaranya perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, makanan, minuman, serta alat berat dan fashion.

Dinas Pariwisata tambah Dani, menyediakan platform dalam bentuk website yang bisa diakses oleh masyarakat yang menyediakan berbagai menu pilihan tujuan wisata.

“Dari situ nanti ada menunya, mau perusahaan apa, kelompok industri apa. Ada 13 operator yang siap mengarahkan dan melayani tujuan para wisatawan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna menambahkan, adanya wisata industri tersebut akan berdampak positif bagi wisata yang terdapat di Kabupaten Bekasi. Pemberian edukasi seperti bagaimana pembuatan produksi perusahaan serta meningkatan ekonomi masyarakat, Dia memiliki harapan agar dapat meningkatkan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD)

“Ya sehingga bisa menjadi edukasi kepada pelajar, mahasiswa serta masyarakat umum tentang produksi perusahaan seperti apa, serta bisa meningkatkan PAD,” katanya.

Dia berharap wisata industri menjadi unggulan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat bahkan Nasional.

Dalam  peluncuran wisata industri ini,  hadir anggota Forum Komunikasi Perangkat Daerah (Forkopimda) dan Direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi. (jonder sihotang)