Maret 2020, Trans Papua Ruas Jayapura-Wamena Tersambung

JAKARTA (IndependensI.com) – Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo mengatakan salah satu ruas yang tengah dikerjakan adalah Jayapura-Wamena sepanjang 580 km.

“Ruas tersebut saat ini sebenarnya sudah terbuka. Namun pembangunan jembatan dan pengaspalan ruas jalan yang belum selesai ditargetkan rampung pada Maret 2020 mendatang”, jelas Wempi

“Ini yang sementara dikerjakan 580 km menghubungkan Jayapura dengan Wamena. Kemudian ke Pantai Selatan dari Wamena Yaguru Mumugu sedang proses pengerjaan,” katanya saat ditemui di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Ruas jalan tersebut sebelumnya juga disinggung oleh Presiden Jokowi saat bertandang ke Papua beberapa waktu lalu. Kabarnya, ruas yang seharusnya bisa digunakan secara penuh pada akhir 2019 tersebut harus tertunda lantaran pengerjaan jembatan putus masih dilakukan.

“Menurut informasi dari Kepala Balai di Jayapura, paling lambat Maret tahun depan bisa dilalui kendaraan tembus sampai ke Wamena. Itu akan membantu membuka isolasi di wilayah pegunungan tengah Papua,” kata Wempi.

Dibukanya ruas Jalan Trans Papua Jayapura ke Wamena diharapkan membuka keterisolasian daerah pegunungan Tengah Papua. Akhirnya, denyut ekonomi daerah setempat bisa semakin dipacu dengan turunnya harga-harga lewat terciptanya konektivitas.

“Dengan dibukanya akses jalan akan semakin menurunkan biaya bahan baku sehingga memacu semangat masyarakat,” kata Wempi