Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis

Kapolri Copot Kapolres Kampar

PEKANBARU (Independensi.com) – Belum genap dua (2) bulan AKBP Asep Darmawan menjabat Kapolres Kampar, Riau, Kapolri Jenderal (Pol) Idham Aziz sudah memutasi mantan Kasubdit II Ditreskrimum Polda Riau itu menjadi Pamen Yanma (Pelayanan Masyarakat) di Mabes Polri. Kepastian Asep Darmawan dimutasi itu tertuang dalam telegram Kapolri nomor :ST/3094/XI/KEP/2019. Surat resmi pemutasian Asep Darmawan ditandatangani Asisten SDM Polri Irjen (Pol) Dr Eko Indra Heri.

AKBP Asep Darmawan

Perpindahan AKBP Asep Darmawan dari Kapolres Kampar yang belum genap menjabat 2 bulan itu, kabarnya, dicopot sebagai ‘sanksi’, karena Asep Darmawan ketahuan ngomong (ngobrol) saat Kapolri Jenderal (Pol) Idham Aziz memberikan pengarahan saat apel kesiap-siagaanan Kesatuan Wilayah 34 Kapolda dan 600-an Kapolres se-Indonesia di Depok-Jabar, saat HUT Brimob minggu lalu. “Asep dimutasi ke Mabes untuk diperiksa,” ujar Asisten SDM Polri Irjen (Pol) Eko

Namun Kabid Humas Polda Riau Kombes (Pol) Sunarto kepada Independensi.com mengatakan, tidak mengetahui kepindahan AKBP Asep Darmawan dari Kapolres Kampar ke Mabes Polri dalam rangka pemeriksaan (riksa). Mutasi itu merupakan hal biasa di organisasi Polri, dan kerap dilakukan dalam rangka penyegaran. Hanya saja saat ditanya bahwa Asep Darmawan belum genap 2 bulan, Sunarto mengakui baru dilantik sebagai Kapolres Kampar tanggal 25 September 2019, digantikan AKBP Muhd Kholid pada tanggal 18 November 2019.

Asep Darmawan digantikan Muhammad Kholid yang sebelumnya menjabat Kepala Sub Direktorat III Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Riau. Menyangkut berita kepindahan Asep Darmawan yang kabarnya ketahuan ngobrol saat Kapolri memberi pengarahan, sempat ditegor ditemppat terbuka sebelum dicopot, bahkan pemutasiannya ke Yanma Mabes Polri dimaksudkan untuk mempermudah pemeriksaan, Kombes Sunarto mengaku tidak mengetahuinya. “Belum, belum,, saya tidak mengetahui hal tersebut,” ujar Sunarto.

Kepindahan AKBP Asep Darmawan dari Kapolres Kampar ke Yanma Mabes Polri, mengejutkan banyak pihak di Pekanbaru. Karena Asep yang sebelumnya menjabat Kasubdit II Ditreskrimum Polda Riau, belum genap 2 bulan menjabat Kapolres Kampar, mendadak dicopot dan dimutasi ke bagian pelayanan masyarakat di Mabes Polri. Menurut informasi, pencopotan Asep Darmawan itu sebagai sanksi karena datang terlambat bahkan kedapatan lagi ngobrol saat Kapolri Jenderal (Pol) Idham Aziz memberi pengarahan. (Maurit Simanungkalit)