Tokoh Masyarakat : Irjen Nana Sujana Sosok Tepat Jadi Kapolda Metro Jaya

Jakarta (IndependensI.com) – Polri menyelenggarakan serah terima jabatan (sertijab) Kapolda Metro Jaya dari Komjen Gatot Eddy kepada Irjen Nana Sujana. Komjen Gatot Eddy saat ini mendapat amanah sebagai Wakapolri. Sedangkan Irjen Nana Sujana sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dilantiknya Kapolda Metro Jaya yang baru Irjen Nana Sujana mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Tokoh Pemuda Fauzan Rachmansyah mengatakan, Irjen Nana Sujana merupakan orang yang tepat menggantikan Komjen Gatot Eddy yang mendapat amanah sebagai Wakapolri.

“Pengalaman sebagai Dirpolitik di intelkam POLRI selama 3 tahun dan menjaga keamanan di Wilayah Nusa Tenggara Barat yang diemban selama kurang lebih 7 bulan membuktikan Irjen Nana Sujana sosok yang tepat untuk mewujudkan kamtibmas di wilayah Polda Metro Jaya,” katanya, dalam acara pertemuan pemuda lintas profesi dari seluruh Indonesia di Brawijaya, Jakarta Selatan, Selasa (7/1/2020).

Menurutnya, gaya kepemimpinan Irjen Nana Sujana yang membawa kesejukan, aktif dalam merangkul dan tegas dalam penegakan hukum adalah sosok yang sangat dibutuhkan saat ini untuk jabatan Kapolda di DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Jadi saya pikir, tour of duty yang dilakukan oleh POLRI dengan rotasi ini adalah langkah yang sangat tepat dengan kebutuhan dan situasi saat ini,” ujar Fauzan.

Ketua Umum Forum Betawi Rempug (FBR) Luthfi Hakim mengatakan, Kapolri sudah tepat menunjuk Irjen Nana Sudjana menjadi Kapolda Metro Jaya yang baru, sebab Jakarta bukan wilayah yang baru buat Irjen Nana mengingat dirinya pernah menjalani tugas di Polres Metro Jakarta Barat.

“Irjen Nana Sujana saya rasa sudah paham betul mengenai Jakarta, karena dia pernah menjabat di Jakarta. Saya rasa dia sosok yang tepat untuk memberikan rasa keamanan di Jakarta,” tuturnya.

Ketua Badan Musyawarah Masyarakat Betawi H Zainuddin alias H Oding menyampaikan, masyarakat asli betawi menyambut hangat kedatangan Irjen Nana Sujana sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Komjen Gatot Eddy. Menurutnya, warga betawi mengenal beliau dan tidak asing karena beliau pernah bertugas di Ibukota jadi tau betul seluk-beluk Kota Jakarta.

“Di samping pekerja keras beliau adalah pribadi yang supel dan bersahaja. Tepatlah kiranya beliau dipercaya sebagai Kapolda Metro Jaya. Kami yakin di tangan beliau Jakarta ke depan akan lebih kondusif, aman, terkendali dan harmonis. Sebagai masyarakat betawi kami mendukung beliau dan siap bekerjasama. Ahlan wa sahlan Bang Nana yg mendapat kepeecayaan utk kembali bertugas di tanah betawi,” tuturnya.