Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan jalur kereta di Banten

Jalur Kereta Diperbaiki, Merak-Jakarta Hanya 2 Jam

JAKARTA (Independensi.com) Pemerintah akan memperbaiki infrastruktur jalur kereta dari Rangkasbitung ke Merak.

Dengan rel kereta api yang ada sekarang, kereta api hanya mampu melaju dengan kecepatan 40 kilometer per jam. Setelah diperbaiki nantinya kereta mampu melaju dengan kecepatan 70 kilometer per jam.

Dengan perbaikan infrastruktur jalur kereta, rute Merak ke Jakarta yang saat ini ditempuh dengan waktu antara 3-4 jam, nantinya hanya memakan waktu tempuh 2 jam saja.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada saat melakukan peninjauan sejumlah Infrastruktur Perekeretaapian di Provinsi Banten, Sabtu (18/1) berkomitmen memperbaiki infrastruktur perkeretaapian untuk mempersingkat waktu tempuh perjalanan.

“Kita akan meningkatkan kecepatan yang dari Rangkasbitung ke Merak melalui Serang . Dari yang saat ini hanya 40 kilometerper jam, akan kita perbaiki konstruksinya dan akan kita naikkan menjadi 70 kilometer per jam,” kata Menhub.

Dengan demikian, lanjutnya, waktu tempuh dari Rabgkas Bitung ke Merak juga menurun, dari 2 jam menjadi 1 jam. Jadi dari Jakarta tadinya 3-4 jam, nantinya bisa lebih singkat menjadi 2 jam,” sebut Menhub.

Untuk mewujudkan hal itu, Kemenhub melalui Ditjen Perkeretaapian telah memulai proyek Peningkatan Jalur KA Lintas Rangkasbitung -Serang -Merak yaitu berupa penggantian rel 42 ke standar 54.

Dengan penggantian rel ini maka kecepatan kereta yang tadinya 40 kilometer per jam dapat ditingkatkan menjadi 70 kilometer per jam. selain itu dengan penggantian rel ini maka keselamatan akan meningkat, karena perjalanan kereta akan menjadi lebih stabil.(hpr)