Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. (ist)

Kota Bekasi Usulkan Penanganan Banjir ke DKI

BEKASI (IndependensI.com)- Sebagai mitra Ibu Kota Jakarta, Pemerintah Kota (Pemko Bekasi akan mengusulkan proyek-proyek penanganan banjir di sejumlah wilayah perbatasan dengan Jakarta untuk dibiayai dari hibah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Dana hibah kemitraan dari DKI Jakarta selama ini alokasinya untuk pembangunan infrastruktur jalan, termasuk dua jalan layang yang baru saja diresmikan. Selanjutnya untuk 2020 dan 2021 fokus bantuan yang kami usulkan ke Pemprov DKI Jakarta berupa infrastruktur pengentasan banjir, utamanya di wilayah Kota Bekasi yang berbatasan langsung dengan Jakarta,” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, kemarin.

Misalnya saja aliran Kali Cakung yang bermuara ke Sunter, berkontribusi pada terjadinya banjir di sejumlah permukiman yang dilintasinya di Kecamatan Bekasi Barat, Medan Satria, Pondokgede, dan Pondok Melati.

“Solusinya bisa dengan penguatan tanggul-tanggul, penurapan, hingga pembuatan tandon-tandon air mulai dari daerah Kempo, Pondok Gede, lalu komplek Taman Mini, juga Candra dan Lotus. Pokoknya pada sejumlah radius tertentu, dihadirkan lebih banyak polder untuk tempat tangkapan air,” katanya.

Selain itu, persoalan banjir Bekasi juga tidak terlepas dari aliran anak Sungai Cikeas. Sebab sebelum daerah Cibubur dibangun menjadi sejumlah perumahan, anak-anak Sungai Cikeas masuk ke Kali Sunter, Kali Buaran, Kali Cakung, dan kali-kali kecil lainnya yang bermuara ke Kanal Banjir Timur.

Rahmat menyebutkan,  langkah yang akan diambil Kota Bekasi ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo saat memanggil sejumlah kepala daerah di Jabodetabek untuk membahas persoalan banjir.

“Presiden pun mengarahkan supaya daerah yang ada menjadi perlintasan menuju Jakarta, bisa dibantu oleh kekuatan APBD DKI Jakarta untuk pembiayaan penanganan banjirnya. Semoga DPRD DKI Jakarta pun memahami dan mau menyetujui karena bagaimanapun, Kota Bekasi merupakan wilayah yang interaksi di berbagai sektornya dengan Jakarta,” ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat peresmian jalan layang Cipendawa dan Rawapanjang pekan lalu  mengatakan, bahwa pihaknya siap mengikuti apa yang menjadi agenda Pemerintah Kota Bekasi.

Anies menegaskan, sebagai wilayah yang saling bertetangga, Pemprov DKI Jakarta siap mendukung apa saja yang menjadi kebutuhan warga Kota Bekasi. Bantuan Pemprov DKI ke Kota Bekasi, sudah rerjalin sejak  puluhan tahun silam. (jonder sihotang)