Peserta Sekolah Kader Kampung Sehat

Warga Sekitar PG Antusias Ikuti Sekolah Kader Kampung Sehat 

GRESIK (Independensi.com) – Warga dari sejumlah Desa/Kelurahan yang berada disekitar kawasan industri Petrokimia Gresik, mengapresiasi kegiatan Sekolah Kader Kampung Sehat (SKKP) yang diselenggarakan perusahaan pupuk milik BUMN itu.
Hal tersebut, seperti yang diungkapkan Nur Halimah (27) salah seorang warga Kelurahan Tlogopojok setelah mengikuti kegiatan itu. “Program SKKP ini sangat tepat dan baik sekali bagi masyarakat, apalagi sekarang kita semua dibuat resah oleh persoalan virus corona,” ujarnya, Kamis (5/3).
“Materi yang diberikan kepada peserta SKKP sangat menarik dan bervariatif, sehingga membuat kami semangat. Karena, kita diajari mulai dari penggunaan alat pemadam api dan penanganan luka bakar di rumah.
Lalu pengenalan Basic Life Support dan penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), pemberian gizi seimbang dan menu sehat keluarga, penggunaan dan penyimpanan obat serta pengenalan kode dan indent obat.
Kemudian, kesehatan seksual dan pengenalan pemeriksaan payudara sendiri, pengenalan penyakit tidak menular dan rawat luka diabetes mellitus, serta pengenalan penyakit tuberkulosis serta pencegahan maupun cara penanganannya,” paparnya.
Sementara Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi menegaskan selama mengikuti pendidikan para peserta menjalani peningkatan pengetahuan kader yang akan diukur melalui post test dan pre test.
“Masa pendidikan dilakukan selama minggu ke 6, setelah itu para kader juga akan turun lapangan menjadi koordinator pelaksanaan penyuluhan kesehatan bagi ibu-ibu PKK di lingkungannya masing-masing,” tuturnya.
“Setelah mengikuti pendidikan, para kader akan dikukuhkan sebagai Kader Kampung Sehat yang akan membantu pelaksanaan senam, pemberian makanan tambahan di posyandu dan beberapa kegiatan lain. Sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat, yang bekerjasama dengan Petrokimia Gresik,” tukasnya.
Rahmad menambahkan, kegiatan ini mendapat dukungan dari seluruh Puskesmas di sekitar perusahaan. Mereka juga mengapresiasi komitmen Petrokimia Gresik dalam meningkatkan nilai Indikator Keluarga Sehat di lingkungan sekitar perusahaan.
“Kedepan, Kader Kampung Sehat harus dapat menjadi garda terdepan sebagai mitra Petrokimia Gresik dalam hal peningkatan kualitas kesehatan keluarga masyarakat sekitar perusahaan,” tandasnya.
“Dari segi bisnis kami ingin mewjudkan diri sebagai perusahaan Solusi Agroindustri, yaitu perusahaan yang memberikan pengawalan lengkap hulu-hilir pertanian. Sedangkan bagi masyarakat sekitar perusahaan, kami ingin menjadi Solusi Peningkatan Kapasitas. Dalam hal ini kapasitas masyarakat terkait isu kesehatan,” pungkasnya. (Mor)