Mgr Uskup Angelo Moreschi, Uskup Gambella Ethiopia. Foto: Vaticannews.va

Angelo Moreschi Uskup Katolik Korban Covid-19

VATIKAN (Independensi.com) – Misionaris Italia dan Vikaris Apostolik Vikariat Gambella, Ethiopia, Mgr Angelo Moreschi, SDB, meninggal pada hari Rabu, 25 Maret 2020.

Mengumumkan kematiannya, Salesian News Agency menyatakan: “Komunitas Salesian berduka atas kematian Vikaris Apostolik Gambella (Ethiopia), yaitu Uskup Angelo Moreschi, SDB, yang meninggal dunia, Rabu, 25 Maret 2020 di Brescia (Italia) karena Covid-19.”

Ini kasus pertama dalam sejarah Gereja Katolik seorang Uskup meninggal dunia karena serangan wabah penyakit menular bernama Covid-19.

“Dalam misinya sebagai Prefek dan kemudian sebagai Vikaris Apostolik, dia terus mewujudkan fokus Salesian dalam membantu anak-anak, menemani mereka dengan semangat praktis dan semangat kerasulannya yang kuat,” bunyi pernyataan itu sebagaimana dikutip media resmi NegaraVatikan, Vaticannews.va.

Di Ethiopia, Sekretaris Jenderal Konferensi Waligereja Katolik, the Catholic Bishops’ Conference (CBCE), Fr. Teshome Fikre, menyampaikan belasungkawa kepada klerus, religius, dan umat awam Gambella dalam sebuah surat.

Dia meyakinkan mereka tentang “kedekatan dan doa” Konferensi Para Uskup dan Gereja Katolik di Ethiopia.

Uskup Misionaris

Uskup Moreschi lahir di Nave, Italia. Dia bergabung dengan ordo Salesian dan mengucapkan kaul pertamanya pada tahun 1974. Setelah penahbisannya pada tahun 1982, dia pergi ke Ethiopia sebagai seorang misionaris.

Pada 16 November 2000, ia diangkat menjadi Prefek Apostolik Gambella. Sembilan tahun kemudian, ketika Prefektur diangkat menjadi Vikariat, Uskup Moreschi diangkat menjadi Uskup pertama.

Karena kesehatannya yang buruk, ia kembali ke Italia untuk perawatan medis dan kemudian mengundurkan diri dari posisinya sebagai Vikaris Apostolik.

Dia ingin kembali ke Ethiopia untuk menjalani hari-hari terakhirnya. Tetapi dia dinyatakan positif mengidap virus Covid-19 minggu lalu, dan tidak dapat kembali ke tempat yang dia sebut rumah. (Aju)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *