Mobil Water Cannon milik Polri sedang mengisi air disinfektan dari hydran kantor pusat PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi untik disemprotkan cegaj penyebaran virus corona. (foto:jonder)

Penyemprotan Massal Tangkal Virus Corona: PDAM Siapkan 3 Mobil Tangki Berisi Air Disinfaktan

BEKASI (IndependensI.com)- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi, setidaknya menyiapkan tiga unit mobil tangki untuk mensuplai air disinfektan, terkait penyemprotan massal di  Kabupaten Bekasi sepanjang 31 kilo meter  di Jalan Raya Jalur Pantura, perbatasan Kota Bekasi dengan Kabupaten Karawang pada  Selasa (31/3/2020).

Penyemprotan sendiri di sepanjang jalan nasional itu,  dilakukan petugas Dinas Pemadam Kebakaran,  Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah  Kabupaten Bekasi bersama jajaran Polres Metro Bekasi Kabupaten.

“Kami PDAM bertugas menyiapkan air yang sudah ada  disinfektannya di mobil tangki,” ujar Direktur Teknik PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Johny Dewanto, Selasa (31/3/2020).

Penyemprotan di Kabupaten Bekasi, dipimpin Kapolres  Metro Bekasi Kabupaten, Kombes Hendra Gunawan.

Sedang di Kantor Pusat PDAM Tegal Danas Cikarang, air langsung disalurkan melalui hydran ke mobil Water Cannon milik kepolisian dari Polres Metro Bekasi Kabupaten untuk penyemprotan di seputar jalan-jalan raya Tegal Danas Cikarang  hingga komplek Delta Mas dan Perkantoran Pemkab Bekasi.

Untuk Kota Bekasi,  air  yang dicampur dengan disinfektan, diambil dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Cabang Poncol Jalan RA Kartini, Bekasi Timur. Di Kota Bekasi, juga dikakukan penyemprotan massal  bersama Tiga Pilar yakni Pemkot Bekasi, Kodim dan Polres setempat pada Selasa ini.

Selain menyemprot Jalan Raya Pantura Kabupaten Bekasi sepanjang 31 kilo meter di dua lajur melibatkan 15 unit kendaraan dari Polres, Damkar, BPBD dan PDAM,  penyemprotan menggunakan alat penyemprot yang biasa digunakan petani,  juga dilakukan di Stasiun Kereta Api oleh petugas PDAM.

Sebagaimana diketahui, hari ini Selasa, penyemprotan disinfektan guna mencegah penularan virus corona, dilakukan serentak di Kabupaten dan Kota Bekasi, dan air yang sudah bercampur disinfektan  disuplai PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi. (jonder sihotang)