Pelaksanaan Drive Thru Rapid Test bagi warga Kota Bekasi melalui aplikasi Halodoc. (ist)

Dinkes Kota Bekasi Kerjasama  RS Mitra Keluarga Laksanakan Drive Thru Rapid Test

BEKASI (IndependensI.com)- Pemerintah Kota Bekasi lewat Dinas Kesehatan setempat, menggelar  Drive Thru Rapid Test bagi warga Kota Bekasi. Melalui aplikasi Halodoc, warga Kota Bekasi bisa melakukan jika ingin mengetahui hasil dari tubuh dalam pencegahan Covid 19.

Sebanyak 50.000 alat rapid test disediakan untuk para pengendara di Kota Bekasi. Kegaitan itu diselenggarakan tanggal 9 Mei sampai 31 Mei 2020. Tenaga medis yang dilibatkan   dari Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi.

Bagi warga Kota Bekasi jika ingin mengikuti rapid test saat menggunakan kendaraannya, cukup untuk mendownload aplikasi Halodoc, dan akan bisa mengikuti prosedur yang di informasikan, termasuk hasilnya akan dikabari melalui aplikasi dan via Whatsapp Messanger.

Pesan singkat yang tersebar untuk Ikuti Program yang diselenggarakan Dinas Kesehatan kota Bekasi dan RS Mitra Keluarga dengan cara:

1. Download aplikasi *Pulse* dan *Halodoc*. Kalo sudah ada, pastikan keduanya sudah update ke versi terkini ya!

2. Buka aplikasi *Pulse* dan klik banner “Tes Cepat Covid-19 Gratis”

3. Copy kode kupon dan klik “Lanjutkan pendaftaran”. Anda akan langsung diarahkan ke aplikasi *Halodoc*

4. Pilih lokasi drive thru rapid test Bekasi, GOR Patriot Chandrabaga

5. PIlih jadwal tes yang tersedia

6. Masukkan kode kupon di tahap pembayaran. Biaya yang tadi nya *~295k~* bisa jadi *GRATIS!*

7. Pendaftaran berhasil! Tunggu pesanan terkonfirmasi sebelum berangkat ke lokasi tes ya!

Warga Kota Bekasi tidak perlu khawatir mengantri panjang karena sistemnya menggunakan drive thru, bisa dengan menggunakan motor dan mobil. Cukup datang ke lokasi tes hanya perlu bawa HP dan KTP saja.

Selama satu hari, bagi warga yang sudah melakukan tes, hasilnya akan dikirimkan ke aplikasi Halodoc.

Di Gate 13 Stadion Patriot Candrabhag, Dinas Kesehatan Kota Bekasi juga menggelar penyediaan rapi test bagi warga Kota Bekasi, ditambah permudah untuk para warga yang ingin lakukan rapid tes dengan sistem drive thru yang bertempat di pintu masuk.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawaty, Sabtu (9/5/2020) mengatakan layanan kesehatan ini untuk mempermudah warga Kota Bekasi dalam penanganan pencegahan Covid 19 di Kota Bekasi, jika khawatir dengan kesehatannya karena wabah yang tak terlihat ini, bisa di tes di drive thru maupun satang langsung ke Gate 13 Stadion. Semoga kita semua dalam keadaan sehat di tengah pandemik ini, katanya.

Doddy Darmawan selaku Head of Operation Halodoc menjelaskan dengan sistem yang mengadopsi dari Korea Selatan, dipelajari dan diterapkan di Indonesia, sudah ada lima kota yang dilakukan drive thru rapid test ini, termasuk Kota Bekasi yang digelar pada pekan ini.

“Bukan ini menandingi sistem Dinas Kesehatan Kota Bekasi yang menggelar rapid test di dalam Stadion, tapi ini justru menambah mudah dengan sistem drive thru ini, dan hasilnya pun kita berikan ke Dinas Kesehatan Kota Bekasi, semoga dengan adanya sistem yang di gunakan ini hasilnya tidak ada yang positif covid 19, dan pastinya kita berharap kehidupan kembali normal dan pergi dari si virus ini dari muka bumi,” jelas Doddy.

Di lokasi Stadion, sipasang empat  tenda untuk melayani drive thru. Dua untuk  antriam untuk pengendara roda 2 dan roda 4, dan pada pintu masuk drive thru juga di sosialisakan kepada pengendara serta menawarkan sistem ini. (jonder sihotang)