G20 Spirit Resmi Diluncurkan Bersama Duta Besar Negara Sahabat

Loading

  1. JAKARTA (Independensi.com) G20 Spirit resmi diluncurkan tanggal 14 Januari 2022 di Artotel Suites Mangkuluhur Jakarta dalam acara yang berjudul “G20 SPIRIT Kickoff Meeting”

Acara tersebut dihadiri oleh 30 Duta Besar dan perwakilan wakil Kedutaan Besar Asing, beberapa wakil Pemerintah Daerah, 15 Ketua Asosiasi, dan lebih dari 70 pimpinan perusahaan terkemuka di Indonesia.

Belum pernah terjadi sebelumnya ada suatu acara peluncuran yang diikuti oleh banyak pemangku kepentingan seperti ini.

G20 Spirit adalah sebuah gerakan bersama untuk mengumpulkan semua pemangku kepentingan di bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mendukung Indonesia yang saat ini memegang Presidensi G20.

Akan ada rangkaian acara yang diselenggarakan dan diikuti oleh berbagai pihak yang berkontribusi bersama untuk bisa pulih bersama, pulih lebih kuat (Recover Together Recover Stronger).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno salam sambutan virtualnya menyatakan, “Dalam kesempatan yang baik ini saya mengajak GlobalExhibit dan RajaMICE yang menjadi inisiator dalam pelaksanaan G20 Spirit untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pemerintah, khususnya dengan Kemenparekraf untuk mensukseskan event G20 yang akan digelar tahun ini ”

Sandiaga berharap tahun 2022 dapat dijadikan sebagai momentum yang menandai bangkitnya ekonomi pariwisata dan tentunya ekonomi kreatif di Indonesia.

Duta Besar Uni Eropa Vincent Piket menyatakan bahwa pariwisata adalah salah satu sektor yang paling berat terhantam pandemi, dan berharap vaksinasi dan protokol kesehatan bisa diterapkan dengan ketat.

Beliau juga menyatakan bahwa G20 Spirit merupakan inisiatif yang sangat bagus, dan berharap pelaksanaannya berlangsung sukses.

Gubernur DKI Jakarta yang diwakili oleh Hari Wibowo, Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Pariwisata menyatakan bahwa Jakarta akan menjadi tuan rumah dalam beberapa agenda G20, dan memberikan apresiasi atas adanya inisiatif G20 Spirit ini.

Di hadapan lebih dari 120 hadirin, Grace Sabandar selaku CEO G20 Spirit menyatakan bahwa dari Januari sampai Desember 2022 akan diselenggarakan sekitar 50 event yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua yang merupakan inisiatif berbagai kalangan, yang melibatkan unsur pemerintah, bisnis, komunitas, akademisi dan media.

Presuden G20 Spirit Panca R. Sarungu menyatakan bahwa nama dan logo G20 Spirit ini bisa dipakai oleh semua pihak yang ingin ikut mendukung Presidensi G20 Indonesia, dan berharap makin banyak event yang bisa diselenggarakan di berbagai tempat di Indonesia.

Kalangan dunia usaha yang mengambil bagian dalam acara peluncuran ini juga menyatakan dukungannya dalam mensukseskan rangkaian acara G20 Spirit ini. (hpr)