Corona Memburuk, Pemprov DKI Pertimbangkan PSBB

Jakarta, IndependensI.com – Penularan Covid 19 di Jakarta kembali meningkat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengambil langkah tegas agar virus corona tidak semakin mewabah di Ibu Kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Pemprov DKI akan mengambil kembali kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jika kasus positif Covid-19 terus naik. Sebaliknya, jika situasi tidak memburuk, PSBB transisi akan kembali diperpanjang.

“Kalau masih seperti ini kemungkinan kita akan memperpanjang masa transisi, tapi kalau semakin memburuk tidak mustahil kembali ke PSBB,” katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (28/7/2020).

Dia mengingatkan agar masyarakat tetap mempertahankan protokol kesehatan selama beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak dan sering mencuci tangan. Menurutnya, bukan hal mustahil jika PSBB transisi menuju masa sehat dan aman, namun untuk melangkah ke fase tersebut tergantung kesadaran masyarakat.

Riza juga menegaskan pengawasan oleh Pemprov DKI terus dilaksanakan. Namun pengawasan akan berdampak efektif jika masyarakat turut andil dalam kesadaran menerapkan protokol kesehatan.

“Pilihan pertama kalau dianggap ada luar biasa perbaikan peningkatan yang positif ke arah yang lebih baik tentu kita memasuki masa sehat aman dan produktif.”

Politikus Gerindra itu menambahkan bahwa segala kebijakan yang diambil Pemprov berdasarkan hasil evaluasi data, dan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat serta gugus tugas pusat.

“Jadi semuanya kembali tergantung kepada rtnya air knotnya positivity rate nya. Jadi data itu akan kami pantau. Kami koordinasi dengan pemerintah pusat, dengan gugus tugas pusat, dengan para pakar, para ahli, semuanya instansi atau unit terkait, dan semuanya akan kita putuskan bersama,” tuturnya.