Gedung Telkomsel Pekanbaru Terbakar

Gedung Telkomsel Pekanbaru Terbakar Jaringan Padam Total

PEKANBARU (Independensi.com) – Gedung Telkomsel di Jl Jenderal Sudirman Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (11/8) sekitar jam 14,30 Wib, terbakar. Akibatnya jaringan internet maupun telepon provider telkomsel padam total.

Layanan fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkomsel khususnya di Wilayah Sumatera bagian Utara dan Tengah mengalami gangguan.

Menurut pantauan Independensi.com, enam (6) unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) diturunkan untuk menjinakkan kobaran api yang diduga berasal dari lantai dua.

Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat korsleting listrik, ujar Burhan Gurning Kepala Damkar Pekanbaru menjawab pertanyaan Independensi.com di lokasi kebakaran.

Hingga Selasa (11/8/2020) sore, mobil pemadam kebakaran masih berada di depan kantor Telkomsel dan Grapari Pekanbaru.  Api sudah berhasil di kuasai, namun petugas masih melakukan penyisiran untuk mengantisipasi mana tau ada api yang belum padam di dalam gedung. Kita masih akan terus memantau dan melakukan pendinginan.

Lokasi kebakaran merupakan gedung dibelakang gedung utama. Beberapa kaca jendela tampak pecah serta dingding menghitam. Begitu mengetahui adanya kebakaran, seluruh karyawan Telkom berhamburan keluar gedung menyelamatkan diri, namun tidak ada korban jiwa , kata Burhan.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin kepada wartawan menyebutkan, kebakaran ini mengakibatkan jaringan padam total. Jaringan internet maupun telepon provider Telkomsel tak bisa terhubung.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak atas gangguan dan ketidaknyamanan yang terjadi. Terima kasih atas kepercayaan pelanggan untuk tetap menggunakan layanan Telkomsel,” ujarnya.

Lebih lanjut Denny menyebutkan, kejadian tersebut juga berdampak pada layanan panggilan suara dan SMS untuk sementara ini belum dapat digunakan, dan ada penurunan kualitas akses data di sejumlah wilayah di Sumatera.

Saat ini tim teknis Telkomsel masih berupaya  untuk memulihkan layanan secara keseluruhan agar dapat berjalan normal.  Telkomsel akan menyampaikan informasi lebih lanjut secara berkala untuk perkembangan proses pemulihan layanan.

Sementara, untuk layanan IndiHome dari STO juga mengalami gangguan. Saat ini, TelkomGroup sedang melakukan mitigasi dan proses pemulihan layanan.  Atas nama manajemen TelkomGroup, kami menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan khususnya yang terdampak atas ketidak-nyamanan ini, ujar Denny lagi.(Maurit Simanungkalit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *