Jubir Covid 19 : Belum Ada Izin Edar Obat Corona Unair

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Terapi dan pengonbatan untuk mengatasi pandemi Covid 19 terus dikembangkan oleh sejumlah Negara. Salah satunya Indonesia melalui riset di di Universitas Airlangga (Unair) yang jadi perbincangan belakangan ini.

Menurut Juru bicara dan Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito kombinasi obat yang dikembangkan Unair masih akan dievaluasi lebih lanjut sebelum mendapat izin edar.

“Sampai dengan sekarang belum ada izin edar dari obat ini, karena masih dalam proses uji klinis,” jelas Prof Wiku di konferensi pers diYouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/8/2020).

Prof Wiku memastikan uji klinis harus mengedepankan efektivitas dan keamanan. Ia juga menekankan uji klinis harus dilaksanakan sesuai dengan protokol yang ada. Maka dari itu, terkait dengan obat Corona dari Unair perlu menunggu kepastian lebih lanjut dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Jadi tentunya setelah disampaikan pihak dari Unair kepada pemerintah, dalam hal ini BPOM, mungkin bisa menjadi bahan review untuk selanjutnya masuk dalam perizinan edar. Dan tentunya kedua prinsip yang harus dipenuhi yaitu aman dan efektif,” pungkasnya.