Kapolres Kuansing AKBP Hengki Poerwanto SIK

Tiga Orang Tahanan Positif Corona Kabur dari Polres Kuansing

Loading

PEKANBARU (Independensi.com) – Tiga (3) orang tahanan positif corona yang tengah menjalani isolasi di Polres Kuansing Rabu (26/8) subuh.

Ketiga tahanan yang kabur itu antara lain SP merupakan tahanan Lapas, I tahanan Kejaksaan Negeri Taluk Kuantan dan U sama-sama tahanan Kejaksaan Negeri Taluk Kuantan.

Hal itu disampaikan Kapolres Kuansing AKBP Hengky Poerwanto SIK sebagaimana dimuat riau terkini Taluk Kuantan, Kuansing, Riau Rabu (26/8/2020) sore.

Menurut Kapolres, tahanan lembaga pemasyarakatan yang berinitial SP itu, merupakan napi yang terlibat kasus pencurian, sedangkan kedua tahanan kejaksaan Taluk Kuantan yaitu initial I dan U terlibat kasus penggelapan.

Mereka kabur subuh tadi, diduga saat semua petugas jaga yang berjumlah 9 orang masing-masing 5 orang petugas Polri, 2 orang petugas Kejaksaan dan 2 orang petugas Lapas sedang terlelap tidur.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, tahanan yang terkonfirmasi positif covid-19 berdasarkan rekomendasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kuansing yang berjumlah 19 orang, menjalani isolasi di gedung Serbaguna Polres Kuansing sejak 14 Agustus 2020 lalu.

Kesemua tahanan yang diketahui positif Covid itu, 15 orang tahanan Kejaksaan Negeri Taluk Kuantan, 3 orang tahanan Lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan 1 orang tahanan Polri.

Pada tanggal 23 Agustus 2020 lalu, 8 orang tahanan dinyatakan sembuh, hingga tinggal 11 orang lagi yang harus menjalani isolasi. Saat ini, dari 11 orang itu, 3 orang sudah melarikan diri subuh tadi sehingga tinggal 8 orang lagi yang di isolasi.

Menurut Kapolres, ketiga orang tahanan yang kabur itu adalah Orang Tanpa Gejala (OTG) dan seyogianya sudah sembuh dan akan dikembalikan ke Lapas dan Kejaksaan setelah 16 hari sejak pengambilan swab PCR, namun buru-buru kabur.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, adapun kronologi kaburnya ketiga orang tahanan yang positif covid-19 itu disinyalir setelah tahanan melepas borgol dari tangan pasangan yang terborgol sekitar pukul 5 subuh tadi (kamis, 26/8/2020).

Dan setelah itu mereka melompat dari jendela bagian atas. Diduga saat itu petugas sedang tertidur lelap sehingga tidak mengetahui tahanan sudah kabur. “Saat ini petugas sedang melakukan pencarian terhadap tahanan yang melarikan diri itu,” ujar Kapolres. (Maurit Simanungkalit)