Klaster Baru Penyebaran Covid 19 di Jakarta Terus Bermunculan

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Klaster baru penularan virus corona terus bermunculan di Jakarta. Hal ini membuat angka penularan Covid 19 di Ibukota terus menlonjak. Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 mengungkapkan klaster-klaster baru penyebaran virus Corona di DKI Jakarta. Satgas menyebut klaster baru itu mulai dari hotel hingga acara pernikahan.

Tim Pakar Satgas COVID-19, dr Dewi Nur Aisyah menjelaskan klaster Corona di Ibu Kota berdasarkan data per 12 September 2020. Klaster terbanyak adalah pasien yang berobat ke rumah sakit.

“Dari data klaster atau sebaran kasus yang ada di DKI Jakarta pada masa PSBB Transisi sejak tanggal 4 Juni sampai 12 September 2020. Sebaran kasus dari pasien yang datang dari rumah sakit. Yang kedua adalah pasien yang berasal dari komunitas, termasuk hasil contact tracing dari puskesmas, termasuk klaster keluarga masuk kategori ini. Ketiga adalah perkantoran,” kata Dewi dalam siaran YouTube BNPB, Rabu (23/9/2020).

Dewi melanjutkan, sebaran klaster baru di DKI Jakarta, seperti perhotelan hingga tempat hiburan malam. “Di sini sebenarnya ada beberapa yang baru yang sebelumnya tidak ada, contohnya adalah klaster hotel sudah mulai ada, pesantren ada, hiburan malam juga mulai ada,” kata Dewi.

“Jadi memang ditemukan 3 kasus sebenarnya di sebuah hotel dan di dilihat 3 orang ini memang punya kontak sebenarnya. Ini masih dalam penyelidikan sebenarnya. Tapi muncul tempat baru yang berpotensi untuk penularan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Dewi menyebut juga ada kemunculan klaster baru seperti kegiatan pernikahan. Dia menyatakan pesta pernikahan berpotensi jadi tempat penularan Corona. “Kegiatan pernikahan juga udah mulai muncul sekarang. Sudah ada 25 orang terinfeksi, walaupun kecil ya, tapi tetap ini sebuah kegiatan yang berpotensi jadi tempat penularan,” jelasnya.