Calon Presiden AS Jo Biden (kiri) dan Donald Trump

Joe Biden Percaya Diri Memenangi Pemilu AS

WILMINGTON, DELAWARE (Independensi.com) – Kandidat presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden mengklaim dia akan memenangkan Pemilu AS meskipun Donald Trump mengancam untuk memperjuangkan hasilnya melalui pengadilan.

Mantan wakil presiden memperoleh suara mayoritas di negara bagian Michigan juga Wisconsin dan memberikan suara keseluruhannya sebanyak 264. Di sisi lain, Trump sejauh ini hanya memperoleh suara keseluruhan sebanyak 214, sedangkan untuk ‘mengamankan’ tempat di Gedung Putih memerlukan 270 suara.

“Setelah penghitungan malam yang panjang, sudah jelas bahwa kami memperoleh banyak suara di berbagai negara bagian untuk mencapai 270 suara untuk memenangkan kursi kepresidenan”, ujar Biden di Wilmington, Delaware.

“Saya di sini bukan untuk menyatakan bahwa kami sudah menang tetapi saya di sini untuk melaporkan bahwa ketika penghitungan selesai, kami yakin akan menjadi pemenang”.

Jo Biden dan pasangannya Kamila Harris

Biden juga memohon warga AS untuk bersatu, menyembuhkan dan untuk bersatu sebagai sebuah bangsa. Lain hal dengan lawannya, kandidat dari Partai Republik, Donald Trump menyerukan agar pendukungnya untuk memperjuangkan suara melalui pengadilan.

Biden menyerukan nada bak seorang presiden terpilih bersama dengan pasangannya, Kamila Harris, “saya akan bekerja keras untuk mereka yang tidak memilih saya seperti yang akan saya lakukan kepada mereka yang memilih saya. Sekarang, setiap suara harus dihitung. Tidak ada yang akan mengambil demokrasi kita dari kita. Tidak sekarang dan tidak akan pernah”. (berbagai sumber/Immanuel Nauly)