Tumpukan limbah B3

Puluhan Karung Berisi Limbah B3 Dibuang di Cigudeg Bogor

Loading

CIGUDEG – Puluhan karung plastik yang disinyalir berisikan limbah B3 ditemukan dijalan raya Cigudeg tepatnya di areal PTPN 8, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. Penemuan ini yang kedua kalinya, sebelumnya juga ada ditemukan di wilayah Kecamatan Tenjo.

Camat Cigudeg Pardi mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari pihak PTPN 8 tentang adanya pembuangan sampah kemudian mengecek bersama Polsek Cigudeg, dan Puskesmas dibantu UPT kebersihan.

“Pas kita cek ternyata benar banyak tumpukan karung berisikan limbah B3 dari salah satu tempat penampungan Pasien Covid-19 karena kalau kita melihat ada banyak APD-APD yang dibuang,” kata Camat Cigudeg Pardi kepada wartawan pada, Rabu (03/02/2021).

Ia menambahkan, pihaknya telah keberjasama dengan Polsek Cigudeg untuk melaporkan kejadian tersebut kepada Polres Bogor dan Satuan Gugus Tugas Kabupaten Bogor guna penyelidikan lebih lanjut.

“Untuk sementara kita police line supaya nanti besok dari Polres bisa melakukan penelitian apakah limbah-limbah ini bisa dibuang ke TPA atau harus melalui dibakar,” tegasnya

Pardi menduga, bawa pelaku pembuang limbah B3 tersebut bukan dari wilayah Kabupaten Bogor pasalnya dilokasi tersebut telah ditemukan ada satu bungkus makanan yang dipesan dari wilayah lain.

“Dari salah satu makanan yang ada di tanggerang gitu, nah ini sedang kita selidiki siapa pelakunya,” tutupnya

Sebelumnya, penemuan 17 karung limbah APD pun ditemukan di wilayah kecamatan Tenjo. Bahkan, Polsek Parungpanjang sudah memeriksa dua orang saksi yang menemukan limbah B3 tersebut.(Fahri)