Wali Kota Bekasi menerima penghargaan sebagai Kota Tolernsi tahun 2020 dari Setara Institute. (humas)

Kota Bekasi  Mendapat Penghargaan sebagai Kota Toleransi 2020

JAKARTA (IndependensI.com)- Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat meraih penghargaan dari Setara Institute  sebagaj Kota Toleransi tahun 2020. Pemberian penghargaan di Hotel Ashley, Jakarta dihadiri Irjen Kemendagri RI, Tumpak Haposan Simanjuntak mewakili Menteri Dalam Negeri.

Penghargaan diterima Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi didampingj sejumlah pejabat terkait, Kamis (25/2/2021).

Setara Institute  menggelar riset pertahun mengenai Kota dan Kabupaten se Indonesia dengan memantau beberapa kriteria.

Setara Institute meneliti persoalan toleransi d terfokuskan pada keberagaman di masing-masing daerah.  Dalam penilaiannya, Kota Bekasi mendapat skor tertinggi ke. 5.530 di peringkat 10 dalam penghargaan Indeks Kota Toleran 2020 dari penilaian 94 Kota Kabupaten yang di riset.

Irjen Kemendagri Tumpak Haposan mengatakan, mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Ini  bukti toleransi pengamalan Pancasila yang harus kita promosikan sampai kapanpun berbagai bentuk, ujarnya.

“Ini untuk sebuah motivasi Kota dan Kabupaten di Indoenesia tentang Bhinneka Tunggal Ika,” ia menegaskan.

Riset ini juga merupakan kerjasama dan dukungan penuh dari Setara Institute  dengan Kemendagri dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyebut, Kota Bekasi merupakan kota dengan masyarakat yang heterogen, namun saling menghargai.

“Alhamdulillah, Kota Bekasi kembali meraih menjadi Kota Toleran tahun 2020. Ini berkat kerjasama seluruh elemen masyarakat yang telah menjadikan Kota Bekasi yang harmonis dengan tidak membedakan suku, bahasa, budaya dan agama. Ini menjadi bukti nyata hadirnya pemerintah ditengah masyarakat sebagai pengayom dan menjadi perekat,” kata Rahmat. (jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *