Suasana pembukaan Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2021 secara daring di Ruang Rapat Staf Operasi Makorem 174 Merauke, Papua. (Penrem 174 Merauke)

Rakornas Penanggulangan Bencana 2021 Digelar Secara Daring

MERAUKE (Independensi.com) – Danrem 174/ATW Merauke, Brigjen TNI Bangun Nawoko mengikuti pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2021 secara daring di Ruang Rapat Staf Operasi Makorem 174 Merauke, Papua. Rakornas dengan tema “Tangguh Hadapi Bencana” dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Presiden dalam arahannya menyampaikan, Indonesia dalam satu tahun terakhir telah diberikan pelajaran berharga bukan hanya bencana alam, tetapi bencana non-alam berupa pandemi Covid-19 yang melanda dunia, sehingga dalam memerangi bencana kemanusiaan seperti Covid-19, persoalan kesehatan dan ekonomi harus diselesaikan dalam waktu bersamaan baik skala nasional maupun skala global.

Adapun kebijakan Presiden dalam hal penanggulangan bencana yaitu penegakkan standar di lapangan, fasilitas umum dan sosial harus diikuti oleh audit pembangunan sehingga korban bisa diminimalisir. Harus terintegrasi, tidak boleh ada ego sektoral, ego daerah dan harus saling mengisi dan menutupi. Adanya manajemen tanggap darurat serta kemampuan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi yang cepat pasca bencana serta memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat.

Terkait dengan kebencanaan harus terus ditingkatkan mulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga serta memberikan simulasi bencana sehingga warga semakin siap menghadapi bencana yang ada.

Turut hadir mendampingi Danrem yaitu Kepala Seksi Intel  Korem  174/ATW Kolonel Inf Enjang, Kepala Seksi Logistik Korem 174/ATW Kolonel Arm Ayi Yosa Karya, Kepala Seksi Teritorial Korem 174/ATW Letkol Inf Ganiahardi, Dandim 1707/Merauke Letkol Czi Rois Susilo, dan Pasilat  Rem 174  Kapten Arm Gordon GSL mewakili Kepala Seksi Operasi Korem 174/ATW. Demikian berita dikutip dari Penrem 174 Merauke, Kamis (4/3/2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *