Nathan Anthony Barki. (Istimewa)

Nathan Barki Raih Dua Gelar

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Petenis Indonesia, Nathan Anthony Barki berhasil menyabet dua gelar juara sekaligus, baik tunggal maupun ganda turnamen tenis yunior internasional berlabel Singapore ITF Junior Championships II, Jumat (19/3).

Pada babak final tunggal yang berlangsung di Kallang Tennis Center, Singapura, petenis 16 tahun ini mengempaskan andalan Malaysia, Jagger Zhen Chih Ong Patzwald. Nathan menang straight set atas unggulan ketiga yang mengandalkan service keras itu dengan skor akhir 6-1, 6-4.

Prestasi ini membuat anak didik pelatih Michael Baroch asal Australia ini telah mengoleksi lima gelar juara tunggal turnamen internasional yunior berlevel J-5 pada kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) di arena yang sama sejak akhir tahun lalu. Nathan pun memperpanjang rekor tak terkalahkan dalam 15 pertandingan nomor tunggal tanpa kehilangan satu set pun hingga akhir Maret ini.

“Pengalaman menyaksikan laga tenis profesional dunia ATP 250 Singapore membuat saya bekerja keras mempersiapkan diri untuk turnamen pekan ini,” ujar Nathan, peringkat ke-198 junior dunia yang menjadi unggulan teratas ajang ini. “Saya merasa amat segar juga sangat siap bertarung sejak awal turnamen,” imbuhnya.

Prestasi Nathan semakin cemerlang usai sukses memboyong pula gelar juara ganda. Berpasangan dengan Brendan Nicholas Hendrata, duet Merah-Putih ini mengungguli ganda gado-gado Malaysia dan Singapura, Jagger Zhen Chih Ong Patzwald / Matthew Johnstone 6-4 7-6(8). Ini merupakan gelar juara ganda pertama bagi Nathan setelah kandas dalam lima partai final di Singapura dan Kamboja.

Dua gelar pekan ini memberi tambahan 30 poin tunggal dan 25 poin ganda dan bakal melambungkan posisi Nathan Anthony Barki pada kisaran 160 dunia dengan total 181,5 poin dalam daftar peringkat ITF Junior, Senin (22/3/2021).

“Terima kasih atas dukungan terus-menerus dari keluarga dan tim pelatih. Terima kasih pula kepada Singapore Tennis Association (STA) yang telah memberi kesempatan untuk berkompetisi level ITF pada masa pandemi,” ujarnya. “Dan yang terpenting, terima kasih kepada PP Pelti yang selama ini terus mendukung partisipasi saya di ajang internasional,” pungkasnya.