Pemprov DKI Larang Pengamen Beratribut Ondel-ondel

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) –Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) , Arifin mengatakan, Pemprov DKI telah membuat aturan yang melarang pengamen dengan atribut ondel-ondel berkeliaran di jalan-jalan Ibu Kota. 

Namun, lanjut Arifin, sebelum larangan itu diberlakukan pihak nya terlebih dahulu akan melakukan sosialisasi sebelum menertibkan pengamen beratribut ondel-ondel.

“Tentu kita pertama menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan agar penggunaan daripada ikon budaya Betawi itu sesuai dengan fungsinya untuk kita lestarikan dan meninggikan bukan dengan cara untuk mengamen di jalan jalan,” katanya, Rabu (24/3/2021).

Selama sosialisasi dilakukan, Arifin mengaku akan berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan untuk mencari solusi bagi para pengamen beratribut ondel-ondel, agar aktivitas mereka tidak lagi mengganggu ketertiban masyarakat.

Sebab menurut Arifin, banyak laporan ke Satpol PP tentang keluhan pengamen beratribut ondel-ondel. Keluhan itu dimulai dari bisingnya suara, serta sikap beberapa pengamen cenderung memaksa.

“Dan kita lihat juga yang mengamen ini banyak anak-anak usia sekolah mereka digunakan untuk mengamen di jalanan dan seringkali kita perhatikan kesannya seperti memaksa,” ujarnya.

Setelah sosialisasi, Satpol PP akan menindak pengamen beratribut ondel-ondel jika tetap beraktivitas di jalan jalan. Sanksi itu diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007.

“Sanksi yang diatur dalam Perda 8/2007 pasal 52 kalau tidak salah menyebutkan sanksinya sanksi pidana kurungan maksimal 60 hari denda maksimal Rp 20 juta,” ujar Arifin.

Diketahui, melalui akun instagram terverifikasi @satpolpp.dki menyampaikan pengingat tentang Ondel-Ondel merupakan warisan budaya Betawi dan tercantum dalam Pergub Nomor 11 Tahun 2017 sebagai Ikon Budaya Betawi.

“Ondel-ondel sebagai sebuah kesenian saat ini mengalami pergeseran nilai dengan semakin maraknya ondel-ondel yang digunakan oleh sekelompok orang sebagai sarana mengamen/mengemis/meminta uang.”

“Mari tetap jaga nilai-nilai warisan budaya dengan baik. Kolaborasi semua pihak sangat dibutuhkan dalam menjaga ondel-ondel sebagai simbol kekayaan dan kebanggaan budaya Betawi di Jakarta,” demikian pengingat Satpol PP.