Workshop GIS pemataan jaringan di PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi. (humas pdam)

Workshop GIS  Pemetaan Jaringan PDAM Tirta Bhagasasi

BEKASI (IndependensI.com) – Sitem jaringan perpipaan menjadi salah satu terpenting pada  setiap Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Tujuannya, melalui jaringan yang memadai dan baik, dapat menghantar air bersih ke rumah-rumah pelanggan demi pelayanan yang baik.

Terkait hal itu, guna menunjang para pegawai dalam memetakan jaringan pipa yang sudah tertanam lama, PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi melalui Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) menghelat workshop Geographic Information System (GIS), baru-baru ini.

Hadir dalam acara tersebut,  Direktur Teknik Johny Dewanto, Kepala Bagian SDM Siti Aminah, Kepala Bagian Perencanaan Teknik Rika Nursantika dan Kepala Bagian IT Budi.

Dalam workshop diperkenalkan mengenai  GIS PDAM, mengenal ‘Database Spatial’, dan mengenal GIS dasar. Bukan hanya itu, peserta juga mendapatkan materi berupa Teknik Digitasi ‘Line’, Teknik Digitasi ‘Point’, dan Teknik Digitasi ‘Polygon’.

Direktur Teknik PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi  Johny Dewanto menuturkan, bahwa GIS adalah salah satu solusi bagi PDAM dalam memetakan jaringan dan agar semua jadi terintegritas. Diharapkan, melalui agenda tersebut dapat bermanfaat bagi PDAM untuk meningkatkan pelayanan kepada masyaralat termasuk melalukan inventarisasi jaringan yang ada. (jonder sihotang)