Ilustrasi. (Dok/Ist)

Bulutangkis Selesaikan Laga Pembuka

TOKYO (Independensi.com) – Untuk kali pertama sepanjang sejarah keikutsertaan cabang bulutangkis di olimpiade, menyelesaikan seluruh laga pembuka dengan kemenangan. Hal ini terjadi pada laga babak penyisihan di Olimpiade Tokyo 2020, Minggu (25/7/2021). Semua pebulutangkis Indonesia berhasil menuntaskan pertandingan perdana tanpa tersentuh kekalahan.

Seperti dikutip dari Antara, pebulutangkis spesialis tunggal putri Gregoria Tanjung dan tunggal putra Anthony Ginting menjungkalkan lawan-lawan mereka pada Minggu, melengkapi kemenangan yang hadir pada Sabtu (24/7) dari dua nomor ganda putra, ganda putri, ganda campuran dan tunggal putra.

Gregoria menundukkan atlet Myannmar, Thuzar Thet Htar dengan skor 21-11 dan 21-8. Adapun Anthony mengandaskan perlawanan pebulu tangkis Hungaria, Gergely Krausz dengan hasil akhir 21-23 dan 21-8.

Selain itu, ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Oktavianti juga sukses meraup kemenangan pada Minggu, yang menjadi laga kedua mereka di Olimpiade 2020, dengan mengalahkan pasangan Denmark Mathias Christiansen/Alexandra Boje 24-22 dan 21-19.

Dari cabang olahraga dayung, Mutiara Rahma dan Melani Putri gagal melesat ke semifinal karena menuntaskan lomba di posisi terakhir babak ‘repechage’ 1 nomor ‘scull’ ganda kelas ringan putri.

Mutiara dan Melani mencatatkan waktu tempuh delapan menit 03,19 detik. Posisi terdepan diisi atlet Amerika Serikat Mary Reckford/Michelle Sechser dengan catatan waktu tujuh menit 21,25 detik.

Beralih ke laut, peselancar Indonesia Rio Waida menyegel tempat di putaran ketiga Olimpiade 2020 setelah lolos dari heat 1 putaran kedua fase eliminasi, Minggu. Rio menorehkan skor 11,53, berselisih 1,24 dari peselancar posisi pertama John Florence (Amerika Serikat) yang mendapatkan skor 12,77.

Agar dapat lolos ke perempat final, peselancar berusia 21 tahun itu mesti menjadi yang terbaik pada putaran ketiga. Pada putaran ketiga, peselancar dibagi dalam delapan heat. Setiap heat diisi oleh dua atlet dan hanya yang berada di peringkat teratas yang lolos ke delapan besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *