Kinerja Moncer, Petrosea Kantongi Laba Hingga US$11,76 Juta

JAKARTA (Independensi.com) – Perusahaan penyedia jasa kontrak pertambangan, engingeering dan oil & gas services, PT Petrosea Tbk, berhasil mencatatkan kinerja yang cukup moncer di sepanjang enam bulan pertama tahun ini. Hal ini dapat terlihat dari catatan kinerja perusahaan di Semester I/2021, di mana performa top line dan juga bottom line-nya yang sama-sama tumbuh di tengah tekanan ekonomi akibat pandemi COVID19. Dari segi pendapatan, perusahaan dengan kode saham PTRO ini mampu mengantongi total sebesar US$193,3 juta pada semester I/2021, atau meningkat sebesar 9,89 persen dibanding perolehan pendapatan pada periode sama tahun lalu yang masih sebesar US$175,9 juta.

Dari perolehan pendapatan tersebut, PTRO sukses meraup laba bersih sebesar US$11,76 juta, atau melonjak 29,8 persen dibanding perolehan laba bersih pada semester I/2020 yang masih sebesar 9,06 juta saja. “Kenaikan laba terutama didapat dari peningkatan kegiatan operasional di lini bisnis Kontrak Pertambangan. Pada Semester I/2021, total volume overburden removal meningkat 26,82 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 58,02 juta. Sementara coal production meningkat 25,49 persen menjadi 15,95 juta ton,” ujar Presiden Direktur PTRO, Hanifa Indradjaya, dalam keterangan resmi perusahaan, akhir pekan lalu.

Menurut Hanifa, pihaknya saat ini tengah fokus untuk mempercepat proses diversifikasi usaha dengan menjalankan beberapa peluang bisnis di proyek mineral. Diantaranya seperti emas dan bauksit, serta memperkuat kapabilitas anak perusahaan di sektor pertambangan dan juga bisnis Engineering Procurement and Construction (EPC). Pada tahun ini, PTRO juga melanjutkan strategi liability management yang efektif. “Petrosea mencatat penurunan debt balance 22,71 persen yoy dan penurunan beban bunga 46,98 persen yoy, serta melanjutkan cash management strategy yang prudent demi mendukung implementasi strategi 3D, yaitu Diversifikasi, Digitalisasi dan Dekarbonisasi,” tutur Hanifa.

Tak hanya itu, Hanifa juga menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen penuh untuk memprioritaskan aspek Environmental, Social & Governance (ESG) dan penerapan strategi keberlanjutan yang sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDGs). PTRO juga terus berupaya untuk memastikan kesehatan & keselamatan karyawan dan masyarakat sekitar dengan melakukan tes Covid-19 secara rutin serta mendukung program vaksinasi gratis.

 

(TSP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *