Jaksa Gadungan RRN kaos (putih) saat ditangkap Tim Intelijen Kejaksaan Agung di salah satu hotel di Semarang, Jawa Tengah.(ist)

Tipu Rekanan Dapat Proyek Rp40 M, Jaksa Gadungan Ditangkap Saat Sembunyi di Hotel

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Kejaksaan Agung melalui bidang Intelijen berhasil menangkap seorang jaksa gadungan berinisial RRN, 53, warga Cinere, Kota Depok, Jawa Barat pada Selasa (24/8) dinihari sekitar pukul 03.00 WIB. 

RRN ditangkap saat  sembunyi di salah satu hotel di Semarang, Jawa Tengah setelah seorang rekanan yang diduga menjadi korban penipuannya melapor kepada bidang Intelijen Kejaksaan Agung.

Rekanan tersebut mengaku kalau dirinya diiming-imingi akan diberikan proyek senilai Rp40 miliar oleh pelaku yang sebelumnya lebih dahulu meminta uang sebesar Rp2 miliar kepada rekanan.

“Tapi setelah itu RRN kabur ke Semarang saat ditagih proyek oleh sang rekanan,” ungkap Direktur A (Ideologi, Politik, Pertahanan dan Keamanan) pada JAM Intel Johnny Manurung yang memimpin penangkapan kepada Independensi.com, Selasa (24/8)

Johnny mengatakan saat ditangkap RRN sempat melawan dan menyangkal sebagai jaksa serta melakukan penipuan. “Tapi akhirnya dia mengaku setelah ditemukan atribut kejaksaan di dalam mobilnya,”

Bahkan saat di Semarang yang bersangkutan sempat menipu lagi dengan mengaku sebagai jaksa dan bisa mengurus perkara. Dari penipuan tersebut pelaku mendapat uang Rp300 juta yang juga ditemukan dalam mobilnya.

Kartu tanda pengenal atas nama RRN sebagai pegawai Kejaksaan bidang Intelijen.(ist)

Mantan Kajati Sulawesi Barat menambahkan turut disita dari pelaku yakni Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Depok dan kartu tanda pengenal atas nama RRN sebagai pegawai Kejaksaan NIP 196807251995031001 ditanda-tangani Direktur III pada JAM Intel Agus Riswanto.

“Selain itu disita kartu tanda pengenal RRN sebagai anggota Keluarga Besar Putra-Putri (KBPP) Polri,” ucapnya seraya menyebutkan pelaku kini telah dibawa ke Polda Jawa Barat untuk diperiksa terkait laporan dari rekanan yang diduga menjadi korban penipuannya.(muj)