Ist

SPB2 Bermasalah dengan PT Mabar Feed, Disnaker Deli Serdang: Selesaikan Melalui Perundingan

Loading

DELI SERDANG (Independensi.com) – Pada Senin, 13 September 2021, Dinas Ketenagakerjaan Deli Serdang menerima dan memfasilitasi pertemuan mediasi antara buruh/pekerja Solidaritas Perjuangan Buruh Borongan (SPB2) PT. Mabar Feed Indonesia dengan PT. Mabar Feed Indonesia, berdasarkan surat pernyataan sikap dan pemberitahuan aksi yang dilayangkan ke Polresta Deli Serdang.

Pasalnya, pihak buruh yang bekerja di perusahaan yang begerak dibidang industri peternakan ayam – Broiler Komersil Farm ini keberatan dan terpaksa harus berhenti dan tidak bekerja di perusahaan.

Penyebabnya ialah adanya kebijakan perusahaan yang menurunkan standart gaji/upah dan menaikkan standart IP (Indek Perestasi) untuk mencapai insentif atau bonus tanpa mempertimbangkan para pekerja yang sudah bertahun-tahun bekerja di perusahaan.

Selain itu, permasalahan lainnya ialah selama bekerja para pekerja tidak terdaftar sebagai tenaga kerja dan tidak mendapatkan pelayanan jaminan sosial ketenagakerjaan sebagaimana yang telah diatur didalam Undang-undang dan peraturan pemerintah.

Dalam pertemuan tersebut, para buruh yang tergabung di dalam SPB2 dan didampingi oleh DPC GMNI Medan, DPC GMNI Deli Serdang, LKMDI dan LBH-KSB meyampaikan kondisi yang dialami para pekerja kepada Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Deli Serdang melalui pertemuan yang dilaksanakan di BLK Kadisnaker Deli Serdang.

Pihak PT. Mabar Feed Indonesia yang diwakili oleh Wahyan menjelaskan bahwa pihaknya telah mengakui adanya kekeliruan dan kesalahan dalam proses pengaturan hak-hak pekerja dan tidak segera mendaftarkan pekerja untuk mendapatkan BPJS.

“ Kami juga akan menerima kembali para pekerja untuk bekerja apabila ingin kembali bekerja walaupun standart upah belum bisa dibicarakan “ terang Wahyan.

Selanjutnya, UPT Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Sumatera Utara, akan mendalami permasalahan yang terjadi di PT. Mabar Feed Indonesia bilamana telah terjadi pelanggaran-pelanggaran secara normatif di dalamnya dan meminta agar segera mendialogkan mengenai standart gaji/upah para pekerja secara layak.

Disamping itu, dalam rangka memberikan respon dan penutup sebagai hasil pertemuan, Drs. Binsar T.H Sitanggang M. SP , Kadisnaker Deli Serdang menerangkan bahwa permasalahan yang terjadi antara pekerja dengan perusahaan harus diselesaikan melalui jalur perundingan secepatnya secara kekeluargaan.

“Perusahaan harus segera mengadakan dialog secepatnya dengan para pekerja untuk menentukan besaran upah para pekerja pada saat kembali masuk bekerja” ungkap Kadisnaker yang akrab dipanggil Pak Sitanggang itu.

Pertemuan yang berlangsung di BLK Disnaker Deli Serdang dihadiri oleh Dinas Ketenagakerjaan Deli Serdang yang terdiri dari Drs. Binsar T.H Sitanggang M. SP (Kadisnaker Deli Serdang) , UPT Pengawas Ketenagakerjaan Wilayah II Provinsi Sumatera Utara, Kasat Intelkam, Kanit Reskrim Polresta Deli Serdang, Kapolsek Biru-Biru, PT. Mabar Feed Indonesia, SPB2, DPC GMNI Medan, DPC GMNI Deli Serdang, LBH-KSB dan LKMDI. (Prs)