Priska Madelyn Nugroho. (Ist/PB PON Papua)

Tenis Putri Tuan Rumah Unggul

Loading

JAYAPURA (Independensi.com) – Tim tenis lapangan Papua mengungguli Sumatera Selatan (Sumsel) pada pertandingan babak penyisihan grup tenis putri PON XX Papua 2021 yang berlangsung di lapangan tenis Sian Soor, Jayapura, Papua, Senin (27/9/2021).

Seperti dikutip dari Antara, tim tuan umah menurunkan Novela Rezha, Priska Madelyn Nugroho dan Septiana N Zahiroh.  Novela Rezha mengalahkan pemain asal Sumsel Vivien Silvani  6-1. Diikuti Priska yang tanpa menemui kesulitan mengalahlan Merliana Mona Rizki dengan skor 6-0.

Pada babak beregu juga dimenangkan tim tenis Papua, yaitu Priska  yang berpasangan dengan Septiana Zahiroh melawan Diah Ayu Novita dan Indah Septia Putri dengan skor akhir 6-1. “Kemenangan ini menjadi modal penting untuk menyemangati atlet kami,” ujar pelatih kepala tim tenis putri Papua Yovi Arifdha usai pertandingan.

Menurut dia, kemenangan itu diraih berkat kekompakan tim dan latihan intens, sehingga bisa keluar sebagai pemenang, serta didukung kondisi anak asuhnya yang prima. “Target kami harus menang mutlak untuk penentuan di babak selanjutnya, yakni akan berhadapan dengan Jawa Barat untuk penentuan juara grup,” kata Yovi.

Lebih lanjut Yovi  berharap, anak asuhnya tetap menjaga kesehatan dan giat berlatih sehingga lolos ke final dan meraih dua medali emas, sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Sementara itu Novela Rezha  mengatakan, kemenangan tersebut sangat penting baginya, sebagai penyemangat untuk menghadapi lawan-lawannya. “Saya terus latihan supaya bisa menang dan pertandingan tadi sangat menantang karena di set pertama sempat ketinggalan satu poin, tapi akhirnya bisa dituntaskan dengan meraih enam poin,” ungkap Novela.

Dominasi Jatim

Sementara itu, tim tenis Jawa Timur mendominasi nomor beregu putra dan putri pada pertandingan babak penyisihan grup Tim tenis putra Jatim yang berada di Pool A menyapu bersih tiga pertandingan saat berhadapan dengan tim Nusa Tenggara Barat.

Pada partai tunggal, David Agung Susanto menang 6-2, 6-0 atas Dibyaro Himonaru. Kemenangan juga diraih pada partai tunggal lainnya melalui Rifqy Fitriadi yang menumbangkan Panji Setiawan 4-6, 6-0, 6-2. Kemenangan lain juga dicetak pada partai ganda Rifqy Fitriadi/Antony Susanto melawan Dito Priambodo/Kadek Ari Sanjaya dengan skor 6-3, 6-0.

Dominasi tim tenis Jatim juga terjadi pada nomor beregu putri saat melibas tim Kalimantan Selatan dengan skor telak 3-0. Aldila Sutjiadi menyumbang angka pertama bagi Jatim dengan kemenangan mudah 6-1, 6-1 atas Nailah Rahma Sabina. Selanjutnya, Nadia Ravita menggandakan keunggulan Jatim usai menyudahi perlawanan Elma Malinda dengan skor 6-1, 6-1.

Pada partai ketiga, ganda Beatrice Gumulya/Jessy Rompies terlalu kuat bagi pasangan Kalsel, Nailah Rahma Sabina/Rosanty Dewi, saat membukukan kemenangan 6-0, 6-0. Papua Barat juga meraih kemenangan pada hari kedua babak penyisihan grup nomor beregu. Tim putra Papua Barat yang berada di Pool B unggul 2-1 atas Jawa Tengah.

Sementara tim tenis putra Bengkulu juga memperoleh kemenangan 3-0 atas Sumatera Selatan melalui penampilan Aditya Hari Sasongko dan Jeremy Nahor pada partai tunggal, dan Wisnu Adi Nugroho/M. Rizki Widianto pada partai ganda. Pertandingan cabang olahraga tenis lapangan PON XX Papua dijadwalkan berlangsung 26 September hingga 7 Oktober 2021.