Aldila Sutjiadi. (Ist/PON XX Papua 2021)

Aldila Sutjiadi: Siapkan Mental Juara

Loading

JAYAPURA (Independensi.com) – Menyusul sukses besar tim tenis Jawa Timur memborong lima gelar di ajang tenis perorsngan PON XX Papua 2021, Kamis (7/10/2021), petenis putri Aldila Sutjiadi mengaku, kunci kemenangannya ada di mental juara.

Aldila Sutjiadi berhasil menyumbang medali emas tunggal putri yang sekaligus memastikan Jawa Timur sebagai juara umum cabang olahraga tenis. Aldila menyudahi perlawanan wakil tuan rumah Papua Priska Madelyn Nugroho dengan 6-4, 7-6 (10-7) dalam pertandingan final yang digelar di Sian Soor Tennis Center, halaman kantor Wali Kota Jayapura, Papua.

“Sejak awal saya sudah mempersiapkan mental untuk permainan yang panjang. Senang akhirnya bisa menyumbangkan emas untuk Jawa Timur,” ujar Aldila seperti dikutip dari Antara. Aldila juga memuji performa Priska yang menurut dia bermain sangat baik di PON Papua.

Jawa Timur sebelumnya telah membawa pulang emas lewat beregu putra dan putri pada Minggu (3/10). Pada perorangan, Muhammad Rifqi Fitriadi menyumbangkan satu emas lagi lewat nomor tunggal putra usai membungkam wakil Papua Barat Muhammad Althaf Daifullah Albaihaqi.

Selanjutnya, pasangan ganda putra Christopher Rungkat/David Susanto berhasil mengamankan emas usai mengalahkan Achad Imam Ma’ruf/Tio Juliandi Hutauruk, wakil Papua Barat. Sedangkan di laga final ganda campuran,  mempertemukan “All Jawa Timur” yakni Aldila Sutjiadi/Christopher Rungkat dengan Beatrice Gumulya/Anthony Susanto.

Cabang olahraga tenis telah bergulir mendahului jadwal resmi PON XX Papua, yang dibuka 2 Oktober dan akan ditutup pada 15 Oktober, dengan laga perdana dimulai pada Minggu (26/9) hingga 7 Oktober.

Sapu Bersih

Sementara itu, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengaku sangat bangga atas keberhasilan tim tenis Jawa Timur menyapu medali emas PON XX Papua. Senator asal Jawa Timur ini mengatakan, sukses ini membuktikan keseriusan tim tenis Jawa Timur dalam menyiapkan diri mengikuti event olahraga multi cabang ini.

Tim tenis Jawa Timur. (Ist/PB PON XX Papua)

“Hasil yang dicapai tim tenis Jawa Timur di PON XX Papua sangat luar biasa. Target menyapu bersih medali emas pun bisa diraih dengan perjuangan yang hebat,” puji LaNyalla.

Pria ramah yang juga menjabat Ketua Dewan Penyantun KONI Jawa Timur, mengatakan, perjuangan para petenis layak mendapatkan apresiasi. “Perjuangan di PON Papua ini tidak mudah. Tapi, dengan persiapan yang matang dan komitmen yang luar biasa dari para atlet hasil terbaik akhirnya bisa diraih,” katanya.