Tinjau Pembangunan Lumbung Pangan, Bupati Indragiri Hulu Kunjungi Kampung Tangguh Nusantara Air Molek, Riau

Loading

AIR MOLEK  (IndependensI.com) – Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi, S.E. bersama jajaran hari ini berkunjung ke Kampung Tangguh Nusantara Air Molek binaan Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB), yang dikelola oleh  Acun Basuni.

Kunjungan ke lokasi kebun tersebut dilaksanakan dalam rangka meninjau kesiapan pembangunan lumbung pangan, akses jalan ke lokasi, pelaksanaan panen jagung, pembangun rumah serta perkebunan jambu kristal.

Dalam kunjungan Bupati tersebut, Ketua DPD FKDB Provinsi Riau, sekaligus Duta Petani Milenial, Ridwan Nurbaqin, S.M. menyampaikan bahwa kedepannya wilayah ini, dengan berbagai resource yang sudah ada, akan dijadikan kawasan agrowisata.

“Kita lakukan ekstensifikasi dengan alih fungsi lahan sawit, menjadi lokasi penanaman sayuran, dimana yang dikenal saat ini selain sayuran adalah petani penangkar benih dan penyalur benih,” kata dia.

Sementara Bupati Indragiri Hulu, menyampaikan bahwa dengan adanya perbaikan akses jalan diharapkan dapat memudahkan aktivitas petani, menambah nilai jual harga produksi petani, apalagi dengan adanya lumbung pangan bisa menambah kapasitas produksi pertanian karena tersedianya tempat penyimpanan hasil pertanian. Selain itu, menjadi tempat edukasi dengan menjadikan lokasi ini sebagai kawasan agrowisata.

Selanjutnya, Bupati merencanakan sekitar tanggal 21/22 Desember, dilakukan peresmian lumbung pangan dengan dihadiri oleh pejabat dinas terkait.

Perlu diketahui bahwa pendirian Lumbung Pangan Masyarakat tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Peningkatan Bidang Pertanian Tahun 2021-Kementerian Pertanian RI sesuai Keputusan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indragiri Hulu Nomor 311/DKP/VIII/2020 tentang Penunjukan dan Penetapan Gapoktan Penerima Bantuan Lumbung Pangan Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Anggaran 2021