Anggota Komisi IV DPR-RI Ansy Lema menggelar Bimbingan Teknis bagi 65 petani dan penyuluh di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur

Dorong Budidaya Ubi & Kacang, Ansy Lema & Kementan Gelar Bimtek di Malaka

Loading

JAKARTA (Independensi.com)

Anggota Komisi IV DPR-RI Yohanis Fransiskus Lema (Ansy Lema) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi 65 petani dan penyuluh di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT), baru-baru ini.

Bimtek bertema “Pengembangan Tanaman Ubi dan Kacang” terselenggara atas kerjasama Ansy dengan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan).

Hadir dalam Bimtek Bupati Malaka Dr Simon Nahak, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Malaka Drs Vinsensius Kapu, Tim Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kholid Hasuna, S.Kom, MAP, Tri wahyuni, SP dan Herni Sri Murni serta pemateri Dr Toni Basuki (BPTP NTT) dan Dr Marsianus Fallo dari Universitas Timor (Unimor).

“Bimtek bertujuan mendorong diversifikasi pangan lokal dengan membudidayakan ubi dan kacang,” ujar Ansy.

“Malaka kaya akan potensi kacang dan umbi seperti ubi kayu, ubi jalar, talas dan kentang,” tambah Politisi PDI Perjuangan itu.

Saat menyampaikan materi, Ansy menegaskan bahwa petani perlu mendapat pengetahuan mengenai pemilihan lokasi tanam, penyiapan benih, penyiapan lahan, penananam, pemeliharaan tanaman, panen dan pasca panen.

Karena itu, Ansy berharap Bimtek dapat makin memotivasi dan memacu peserta untuk membudidaya aneka tanaman kacang dan ubi, mengolah dan memasarkannya.

Usai menggelar Bimtek, Ansy turun lapangan mengunjungi masyarakat Desa Umakatahan guna serap aspirasi dan berdialog dengan warga.

Aktivis 1998 itu mengaku terharu diterima dengan tutur adat oleh sesepuh adat Umakatahan.

“Masyarakat Desa Umakatahan yang umumnya petani menyampaikan aspirasi terkait mekanisasi pertanian dalam bentuk alat mesin pertanian (alsintan) untuk meningkatkan produktivitas,” ungkap Ansy.

Mereka, sambung Ansy, mengeluh kesulitan membuka-mengolah lahan karena hanya bermodalkan tenaga manusia dan alat seadanya.

Para tetua adat memohon dukungan konkrit Ansy untuk mengembangkan-memajukan pertanian mereka.

“Sebagai informasi, tahun ini saya memberikan bantuan 1 unit Combine Harvester untuk masyarakat Desa Umakatahan melalui Kelompok Tani Batane Jaya,” ungkap Ansy.

“Terima kasih kepada masyarakat Umakatahan yang sudah menerima saya dengan keramahan dan persaudaraan,” pungkas Anggota DPR-RI Dapil NTT II ini. (Hiski Darmayana)