Penyerahan Sertifikasi RSPO di Jakarta, Kamis (14/7/2022).

Kao, Apical dan Asian Agri Capai Sertifikasi RSPO Pertama

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Program bersama antara Kao-Apical-Asian Agri, yakni Smallholder Inclusion for Better Livelihood and Empowerment (SMILE) mendapat capaian sertifikasi Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) pertama.

Director of Sustainability and Stakeholder Relations Asian Agri Bernard A Riedo menyampaikan di Jakarta, Kamis (14/7). “Hari ini, SMILE merayakan 239 petani swadaya di Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, yang telah lolos audit RSPO pada 18 hingga 21 April 2022 lalu, dengan hasil tanpa temuan,”

Sertifikasi RSPO tersebut diserahkan oleh Bernard bersama Director of Sustainability Apical Bremen Yong, President Director of PT Kao Indonesia Chemicals Maeda Yasuhiko, dan Acting Head of Smallholder RSPO Indonesia Guntur Cahyo Prabowo, kepada Ketua Koperasi Konsumen Tebing Tinggi Pangkatan Sejahtera Khairul Anam.

Adapun program SMILE yang merupakan gabungan dari ketiga perusahaan itu, diklaim telah membantu meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian petani.

Program ini dinilai mengatasi hambatan yang dapat mempengaruhi produktivitas
petani swadaya secara langsung, dengan berfokus terhadap penguatan praktik terbaik dan berkelanjutan, serta tahan terhadap perubahan iklim.

Lebih lanjut, Bernard menjelaskan, industri kelapa sawit sangat penting bagi perekonomian negara berkembang, termasuk Indonesia.

Sebab, industri tersebut membantu menciptakan lapangan kerja bagi 2,6 juta petani, dan petani swadaya menyumbang sekira 40% dari produksi minyak sawit di Indonesia
“Kami berharap dengan adanya program,dapat terus meningkatkan kesejahteraan para petani
swadaya. Kami sangat bangga dengan para petani mitra kami yang telah berhasil menyelesaikan audit RSPO dengan hasil tanpa temuan,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, selain sertifikasi RSPO pertama, program SMILE dapat pencapaian lain, meliputi partisipasi dari 698 petani plasma untuk program SMILE fase pertama, dan penandatanganan nota kesepahaman antara unit bisnis Asian Agri yaitu PT Inti Indosawit Subur dengan masing-masing koperasi di Provinsi Sumatera Utara, Riau, dan Jambi.