Dinkes Langkat Berupaya Berikan Layanan Kesehatan Maksimal dan Bermutu

LANGKAT (Independensi)- Plt.Dinas Kesehatan (Dinkes) Langkat, dr.Juliana MM menyatakan Dinkes Langkat senantiasa berupaya memberikan layanan kesehatan maksimal dan bermutu pada masyarakat Langkat.

Hal ini disampaikan Juliana pada Pertemuan dan Diskusi dengan Lembaga Kajian Masa Depan Indonesia (LKMDI) 16 Agustus 2022 di Uncle Six Caffe Stabat.

Pertemuan dan diskusi tersebut merupakan upaya LKMDI untuk memberikan masukan dan memaparkan beberapa hal-hal penting berkaitan dengan pembangunan dan pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Langkat.

Plt. Dinas Kesehatan Langkat menyampaikan bahwa upaya pembangunan dan pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Langkat terus ditingkatkan. Selain merupakan amanat Konstitusi yang penting dan harus dilaksanakan oleh Pemerintah, masalah kesehatan dan pelayanan kesehatan di Kabupaten Langkat juga menjadi salah satu fokus penting dari Plt. Bupati H. Syah Afandin, S.H.

Juliana menerangkan kondisi dan situasi Kabupaten Langkat dengan luasan wilayah, jumlah penduduk serta berbagai kebutuhan, penting untuk menunjang maksimalnya pelayanan kesehatan.

“Kami, berdasarkan arahan Bapak Plt. Bupati sebagaimana pula yang terkandung dalam visi dan misi beliau, senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dalam rangka keberlangsungan pambangunan kesehatan. Semua Sumber Daya Kesehatan (SDK) kita harapkan mampu mendorong terciptanya pelayanan yang terjamin dan bermutu,” ungkap Plt. Kadis Kesehatan Langkat.

Disamping itu, dr. Juliana, MM pun menuturkan pihaknya juga akan menyelaraskan pola pelayanan kesehatan dibeberapa wilayah, terutama wilayah atau kawasan pariwisata.

“Saat ini, saya coba mencermati bagaimana sebuah pelayanan kesehatan di wilayah atau kawasan pariwisata. Kawasan wisata di Langkat dengan pengunjung dari dalam dan luar negeri ini sepertinya membutuhkan kehadiran fasilitas pelayanan kesehatan yang cukup baik dan siaga. Sebab, selain pelayanan maksimal kepada masyarakat Langkat, Bapak Plt. Bupati juga mengharapkan pelayanan kesehatan kepada wisatawan juga dapat dilakukan maksimal,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif LKMDI Andi Junianto Barus, S.H. mengharapkan agar pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan di kabupaten Langkat dapat didukung dengan tersedianya fasilitas-fasilitas kesehatan yang cukup baik didalamnya.

” Langkat ini Kabupaten besar, arah pembangunan dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat kedepan harus disesuaikan dengan keberadaan fasilitas-fasilitas penunjang dan penting. Bila perlu Puskesmas di tambah jumlahnya sehingga akses pelayanan kesehatan masyarakat semakin mudah dan maksimal,” terang Andi. (Hiski Darmayana)